Avatar

Pengukuhan Pengurus DPC Kerabat Sanggau, Bupati Sanggau: Kita Bhineka Tunggal Ika


//DISKOMINFO-SGU//
SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si mengukuhkan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Kabupaten Sanggau Periode 2020 – 2023 di Garden Palace Hotel Sanggau, Jumat (17/12/2021).

Pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kerukunan Masyarakat Batak (Kerabat) Kabupaten Sanggau Periode 2020 – 2023 oleh Bupati Sanggau.

“Selama ini saya bersama Pak Wakil Bupati, ingin tidak ada lagi yang sembunyi, yang hanya berkumpul sesama (suku) dirinya, sulit berkumpul dengan orang lain, tapi puji tuhan, sekarang hampir semua sudah menunjukkan adat istiadatnya,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi dalam sambutannya.

Ia mengungkapkan, di Kabupaten Sanggau saat ini suku terbanyak adalah Dayak. Kemudian Melayu, Jawa, Tionghoa dan Batak.

Dikatakan, tiap-tiap suku perlu menunjukkan adat istiadatnya untuk memperkuat keberagaman di Kabupaten Sanggau sebagaimana semangat Bhineka Tunggal Ika.

“Indonesia dibentuk karena keberagaman, bukan karena tunggal, makanya kita Bhineka Tunggal Ika,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPD Kerabat Kalimantan Barat, Rian Natsir Silalahi secara khusus menitipkan seluruh Kerabat Batak yang ada di Kabupaten Sanggau untuk dibimbing oleh Pemerintah Kabupaten Sanggau.

“Kami titipkan kepada Pak Bupati seluruh Kerabat Batak disini agar mereka bisa berpartisipasi positif turut membangun Kabupaten Sanggau menjadi yang terdepan dan maju,” ucap Natsir Silalahi.

Sementara itu, Ketua DPC Kerabat Kabupaten Sanggau 2020 – 2023, Ginting menyampaikan Kerabat merupakan wadah silahturahmi dan komunikasi enam sub etnis Batak dan suku lainnya di Kabupaten Sanggau.

Organisasi ini, menurutnya, dibentuk untuk melestarikan budaya-budaya masyarakat Batak di Kabupaten Sanggau.

“Jadi kalau mau lihat budaya Batak tidak perlu ke Sumatera, di Sanggau sudah ada,” ujar Ketua DPC Kerabat Kabupaten Sanggau, Ginting.

“Kerabat merupakan organisasi kemasyarakatan yang berazaskan Pancasila, yang mempunyai anggaran dasar dan anggaran rumah tangga untuk mendukung visi misi Pemerintah Kabupaten Sanggau secara khusus mewujudkan Sanggau Berbudaya dan Beriman,” sambungnya.

Penulis : Alfian