Categories: Diskominfo

Kepengurusan DAD Kecamatan Tayan Hulu Periode 2021-2026 Resmi Dikukuhkan


//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Ketua Dewan Adat Dayak Kabupaten Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si mengukuhkan pengurus Dewan Adat Dayak (DAD) Kecamatan Kecamatan Tayan Hulu periode 2021-2026 yang bertempat di Aula Paroki Kristus Raja Sosok Kecamatan Tayan Hulu. Jumat, (17/12/2021).

Kedatangan Ketua DAD Kabupaten Sanggau beserta rombongan tersebut disambut dengan tarian dan ritual adat dayak Kecamatan Tayan Hulu.

Hadir pada kegiatan tersebut Asisten II Setda Sanggau, Paulus Usrin, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Kadis Perhubungan Anselmus, anggota DPRD dapil 3 Robi, Forkompincam Kecamatan Tayan Hulu, Sekretaris Jendral DAD Kab. Sanggau, Urbanus, Pengurus DAD Kabupaten Sanggau serta Tokoh adat, tokoh perempuan, Tokoh Masyarakat Kec. Tayan Hulu dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan ini Ketua Umum DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa dengan dikukuhkannya kepengurusan DAD Kecamatan Tayan Hulu ini, dia memiliki kekuatan yuridis formal dalam melaksanakan tugas-tugasnya sebagai pimpinan DAD di Kecamatan Tayan Hulu.

“Nah ini sebenarnya tidak ringan tugasnya karena sudah dikukuhkannya dengan acara ritual adat, secara moral tradisi orang dayak bahwa adat istiadat ini sangat luar biasa tanggungjawabnya. Oleh karena itu, kita berharap dengan ketua dan jajaran ini bisa melaksanakan tugasnya secara baik, bekerjasama dengan baik dan harus mempertahankan adat istiadat, hukum adat dan budaya adat serta mampu mengakomodir semua kepentingan masyarakat adat yang ada di Kecamatan Tayan Hulu ini, sehingga persoalan-persoalan apapun yang terkait dengan masyarakat adat dia harus mampu mengakomodirnya secara baik, kita bukan menggunakan kekuatan otot hari ini, tetapi kita menggunakan kekuatan yang bertindak secara cerdas, rasional dan bijak ini yang kita harapkan bagi para pemegang adat ini,” ujar Yohanes Ontot.

Lanjut Ketua Umum DAD, Yohanes Onto yang juga sebagai Wakil Bupati dua periode ini juga berharap apapun yang berkaitan dengan masyarakat adat dayak bisa kita kawal, kita akomodir, kita selesaikan secara baik sehingga tidak ada benturan-benturan, baik benturan internal maupun external. Kita juga kwatir bahwa akhir-akhir ini ada gejala atau indikasi benturan internal sesama orang dayak bahkan sesama pemegang pemangku di masing-masing kita. oleh karena itu ini mesti diluruskan dengan ketua yang cerdas dan mampu mengakomodir mereka secara baik.

“Terkait dengan hukum adat, kita orang dayak tidak ada yang bertindak sendiri-sendiri diluar sepengetahuan pimpinan atau ketua DAD setempat, paling tidak para temenggung harus memberitahu terkait apa yang terjadi di masyarakat hukum adat itu sendiri, supaya tidak terjadi kesalahpahaman antar sesama kita, nah ini yang perlu kita akomodirkan,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu Heriyanto menyampaikan bahwa untuk kedepan setelah kami dikukuhkan hari ini tentu salah satu program kita yaitu menguatkan struktur organisasi mulai dari mulai dari tingkat dusun, desa sampai Kecamatan agar para temenggung, pengurus adat, kepala adat dan pezirah bisa berkaloborasi dengan baik untuk menguatkan hukum adat dan istiadat istiadat yang ada di Kecamatan Tayan Hulu.

“Kedepannya nanti, karena di Kecamatan Tayan Hulu belum ada rumah betang adat, ini menjadi perioritas saya juga, oleh karena itu saya berharap bahwa di Kecamatan Tayan Hulu juga ada rumah betang, sehingga disitulah tempat pertemuan masyarakat adat untuk bermusyawarah, bermufakat terkait dengan persoalan-persoalan adat dan budaya,” kata ketua DAD Kecamatan Tayan Hulu Heriyanto.

Lanjut Heriyanto bahwa dia akan berkomunikasi dengan semua pihak, semua suku yang ada di Kecamatan Tayan Hulu, kita akan menjaga Kecamatan Tayan Hulu ini, termasuk keamanan agar semua hidup harmonis.

“Suku-suku yang ada adalah kekayaan kita, kebudayaan-kebudayaan ada di Kecamatan Tayan Hulu adalah kebudayaan yang bermartabat yang patut kita jaga, sehingga hidup rukun dan damai itulah kunci sukses kita untuk membangun Kecamatan Tayan Hulu, membangun Sanggau dan membangun Indonesia yang kita cintai ini,” ucapnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Diskominfo

PJ Bupati Sanggau Hadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mukok

//DISKOMINFO – SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok. Kamis (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah…

2 jam lalu
  • Diskominfo

Pj Bupati Sanggau Menghadiri Operasi Pasar di Kecamatan Mokuk

SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau Suherman, S.H., M.H  melaksanakan operasi pasar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H/2024 M di Halaman Kantor Kecamatan Mukok, Rabu (28/03/2024). Sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui…

2 jam lalu
  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

11 jam lalu