Stok Beras untuk Nataru Cukup di Sanggau – Kalimantan Today

Stok Beras untuk Nataru Cukup di Sanggau – Kalimantan Today


Plt. Kadishangpang Hortikan Kabupaten Sanggau, Kubin

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau memastikan stok beras untuk kebutuhan Natal serta Tahun Baru (Nataru) aman dan cukup.

“Cadangan Bulog ada sekarang sekitar 200 ton, kemudian sedang dalam pengiriman 600 ton. Stok ini menurut Bulog untuk cadangan selama enam bulan kedepan. Kemudian cadangan beras Pemerintah Kabupaten ada 124 ton,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau, Kubin, Kamis (9/12/2021).

Cadangan 124 ton beras itu, kata Kubin, dipersiapkan untuk petani yang gagal panen akibat banjir November lalu. Ia menyebut, ada sekitar 20 persen lahan pertanian yang mengalami puso.

“Artinya 124 ton ini masih cukup untuk mengatasi ketersediaan stok beras untuk Natal dan tahun baru,” imbuhnya.

Ia mengatakan, cadangan beras di Bulog dan Pemerintah Kabupaten aman sampai pertengahan Januari 2022 mendatang. Ditambah lagi, pada Februari, Maret dan April diperkirakan memasuki musim panen.

“Sebenarnya sekarang (Desember) petani kita ada yang panen, cuma jumlahnya tidak terlalu banyak karena petani kita ada yang tanam padi tiga kali setahun. Sekarang di Batang Tarang petaninya ada yang panen, cuma tidak terlalu banyak,” tutup Kubin. (Ram)