Categories: Diskominfo

Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS)


//DISKOMINFO SANGGAU//

SANGGAU, di laksanakan kegiatan Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat (KKS) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau bertempat di Aula Bappeda , Senin (6/12/2021) 09:00 WIB.

Hadir pada Kesempatan itu Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah SE MM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau H.M.Saleh, Narasumber Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat Rudi Anshari M. Kes, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sanggau Libertus Toto Martono S.Sos M.Si, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sudarsono S. AP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Viktorianus S.Sos, Kasat Binmas AKP Priyono.

Kabupaten/Kota Sehat merupakan program unggulan yang menjadi agenda dua tahunan Kementerian Kesehatan. Dasar penyelenggaraan kabupaten/Kota Sehat (KKS) adalah Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan, Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor : 1138/MENKES/PB/VIII/2005.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau H.M.Saleh dalam sambutannya Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) ini mengakomodasi dan mengkoordinasikan berbagai program di tingkat kabupaten yang didukung oleh peran serta aktif masyarakat serta merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.

Pada prinsipnya program Kabupaten/Kota Sehat bukan hanya milik sektor kesehatan saja. Namun merupakan milik semua instansi yang ada di daerah, yang nantinya dapat mendekatkan program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah kepada masyarakat.

Dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan perlu adanya upaya pemberdayaan masyarakat dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam keluarga maupun di lingkungan masing-masing dengan adanya keluarga berkembang dan berkualitas maka kuantitas penduduk dengan sendirinya dapat dikendalikan serta akan melahirkan mobilitas penduduk yang menjadi sumber daya manusia mandiri

Kabupaten/Kota Sehat merupakan suatu pendekatan yang meningkatkan kesehatan masyarakat dengan mendorong terciptanya kualitas lingkungan fisik, budaya dan produktivitas serta perekonomian yang sesuai dengan kebutuhan wilayah daerah.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Shopiar Juliansyah SE MM menyampaikan Tujuan Sosialisasi KKS ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang konsep dan penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat, sehingga diharapkan dapat seluruh perangkat pemerintah yang ada untuk menggerakan masyarakat mempraktekan pola Hidup Bersih Dan Sehat.

Setiap dua tahun sekali diadakan penilaian dan diberikan “SWASTI SABA” untuk Kabupaten/Kota Sehat dari Presiden Republik Indonesia yang diklasifikasikan menjadi tiga katagori, yakni Penghargaan PADAPA, Wiwerda dan Wistara.

Ada 10 tatanan yang dinilai dalam penyelenggaraan Kabupaten /Kota (KKS) yaitu
A. Kelompok Tatanan wajib meliputi 1. Pemukiman, Sarana dan Prasarana Umum 2. Kehidupan masyarakat Sehat mandiri, Ketahanan Pangan dan Gizi. 3. Pasar 4. Pendidikan

B. Kelompok Tatanan Pilihan :
1. Kehidupan Sosial Yang Sehat dan Penanganan Bencana. 2. Transportasi dan Tata Tertib Lalu Lintas jalan. 3. Perkantoran, Prindustrian (IKM) dan UMKM. 4. Pariwisata 5. Rumah Ibadah 6.Kota Pintar Atau ( Smart City)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Kalimantan Today

Dua Panderita DBD di Kabupaten Sanggau Meninggal – Kalimantan Today

  KALIMANTANTODAY, SANGGAU. Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Sanggau kembali melonjak. Sejak Januari-Maret 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sanggau mencatat 168 kasus DBD. Dua di antaranya dilaporkan meninggal dunia. Kepala Bidang Pencegahan dan…

20 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pulau Dewata Tragis, Gelombang Tinggi Mencekam dan Melalap Habis Wilayah Pantai Bali – 16/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video pada platform YouTube yang mengeklaim bahwa telah terjadi gelombang tinggi yang mencekam dan melalap habis wilayah Pantai Bali sehingga menyebabkan Pulau Dewata menjadi tragis. Faktanya, informasi tersebut tidaklah benar.…

23 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Bank Indonesia Resmi Keluarkan Uang Rp1.0 – 16/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan video di media sosial Instagram yang mengeklaim bahwa Bank Indonesia (BI) secara resmi mengeluarkan uang senilai Rp1.0. Dalam unggahan tersebut, terlihat selembar uang dengan nominal Rp1.0 dan narasi "uang baru 1.0?…

23 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kasat Reskrim Polresta Palu Minta Dibelikan Tiket Pesawat – 16/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah akun WhatsApp bernomor +6282385628933 mengatasnamakan Kasat Reskrim Polresta Palu AKP Reza. Akun tersebut kemudian digunakan untuk mengirimkan pesan dengan modus meminta dibelikan tiket pesawat tujuan Jakarta-Palu. Faktanya, Kasubsi PIDM Humas Polresta…

23 jam lalu