[DISINFORMASI] Pesan Berantai “warga china dikasih kesempatan jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur – 03/12/2021

Penjelasan :

Telah beredar sebuah pesan berantai melalui media sosial WhatsApp, sebuah tautan artikel berita berjudul “1,4 Juta Warga China Ikut Tes PNS 2021, Persaingan Superketat”. Pada pesan tersebut juga disertai keterangan “Astag?rullah warga china dikasih kesempatan utk jadi PNS, padahal rakyat Indonesia sendiri masih banyak nganggur ! Yaa Allah cabutlah  dan runtuhkanlah segera rezim ini”.

Berdasarkan hasil penelusuran, klaim yang menyatakan 1,4 juta warga Cina diberikan kesempatan untuk tes Pegawai Negeri Sipil (PNS) 2021 adalah salah. Faktanya, pembahasan dalam artikel tersebut adalah penerimaan PNS di Cina, bukan di Indonesia. Selain itu, foto yang digunakan dalam artikel adalah untuk keperluan ilustrasi. Diketahui gambar yang terdapat dalam artikel tersebut merupakan foto pencari kerja yang memadati bursa kerja di Liberation Square di Shijiazhuang, Provinsi Hebei, Cina pada 25 Februari 2018.

 

Link Counter: