Sigab SMK PDN Sanggau Terus Tunjukan Kepedulian Kepada Masyarakat

Sigab SMK PDN Sanggau Terus Tunjukan Kepedulian Kepada Masyarakat


FOTO : Baznas Sanggau didampingi Sigab saat menyerahkan bantuan paket sembako secara simbolis kepada Ketua Masjid Al Fauziah Balai Nanga, Kecamatan Kapuas (Ist)

Pewarta/sumber : Rilis/Gusti Baiturahman S Pd

radarkalbar. com, SANGGAU – Siswa Siaga Bencana (Sigab) SMK Plus Desa Nusantara (SMK PDN) Sanggau terus menunjukan kepedulian dan kepekaan terhadap masyarakat.

Bukan hanya saat pada sejumlah Kabupaten Sanggau dilanda banjir saja. Namun, pada pasca banjir, Sigab pun menunjukan empati nya kepada masyarakat. Dan meningkatkan kerjasama nya mereka dengan berbagai organisasi.

Seperti halnya baru-baru ini Sigab SMK PDN Sanggau digandeng Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sanggau untuk membersihkan lingkungan Masjid Al Fauziah di Dusun Balai Nanga, Desa Penyeladi, Kecamatan Kapuas, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan ini dipimpin langsung Ketua Baznas Sanggau, Indra, ST sekaligus menyerahkan 65 bantuan paket sembako diterima Ketua Masjid Al Fauziah dan Kadus Balai Nanga.

“Kita setiap hari shalat wajibnya kan lima kali dan akan lebih baik jika sholat jamaahnya di masjid. Karena itu kegiatan membersihkan masjid ini kita lakukan. Tentunya agar masyarakat merasa nyaman sehingga lebih sering berjamaah di masjid, ” ungkap Indra.

Saat itu, dengan turunnya Baznas dan Sigap SMK PDN Sanggau membersihkan lingkungan Masjid Al Fauziah tersebut, sejumlah warga di wilayah itupun ambil bagian.

Diketahui, sebelumnya saat Sanggau dilanda banjir, sedikitnya 30 siswa SMK PDN tergabung dalam Sigab diturunkan untuk membantu posko peduli banjir. Kemudian, saat terjadi bencana banjir, Sigab SMK PDN mendapat kepercayaan dari sejumlah kalangan dan instansi untuk menyalurkan bantuan secara langsung kepada warga yang terdampak banjir.

Sigab SMK PDN ini dibentuk KODIM 1204 Sanggau selaku Pembina nya. Selaku kader khusus dalam membantu bencana masyarakat disaat bencana, Sigab dibagi menjadi beberapa klaster yang masing-masing :

1. Klaster dapur umum dan logistik

2. Klaster Sar dan kesehatan

3. Klaster pengungsi

4. Klaster informasi dan komunikasi
perlu menjadi contoh nyata siswa yang terjun secara langsung .

“Berbagai lembaga komunitas dan organisasi menitipkan amanahnya kepada Sigab SMK PDN. Sejak awal dibentuk tidak pernah absen dalam kepedulian dan kemanusiaan,” ungkap Kepala Sekolah SMK PDN Sanggau, Mahathir Muhammad.

Editor : redaksi radarkalbar.com