SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SANGGAU DAN KETUA TP PKK KABUPATEN SANGGAU KUNJUNGI PERPUSTAKAAN DUKUNG KEGIATAN PETANI MILENIAL DAN PENGEMBANGAN MINAT BACA

SEKRETARIS DAERAH KABUPATEN SANGGAU DAN KETUA TP PKK KABUPATEN SANGGAU KUNJUNGI PERPUSTAKAAN DUKUNG KEGIATAN PETANI MILENIAL DAN PENGEMBANGAN MINAT BACA


Minat Baca akan menjadi kebiasaan membaca jika tersedia bahan bacaan yang sesuai untuk dibaca dan ada cukup waktu untuk membaca. Minat adalah dorongan hati yang tinggi untuk melakukan sesuatu, maka minat baca adalah dorongan hati yang tinggi untuk membaca. Membaca merupakan kegiatan penting Peradaban manusia tidak akan jauh-jauh dari kegiatan ini ,bahkan dalam sejarahnya sebuah peradaban dikatakan maju apabila manusia -manusia pada masa tersebut telah memiliki kemampuan membaca dan menulis. Telah terbukti juga, bangsa dengan minat baca tinggi menjadi bangsa yang unggulan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Ir.Kukuh Triyatmaka bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau Ny. Arita Apolina, S.Pd.,M,Si mengikuti kegiatan Pemanfaatan Pekarangan melalui pembangunan HATINYA-PKK dalam rangka mendukung program Genre Petani Milenial serta Pengembangan Minat Baca yang dilaksanakan di Perpustakaan Daerah  Jumat 16 April 2021. Kegiatan diawali dihalaman Perpustakaan bersama-sama menanam tanaman Sabang Merah, kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi Library Tour terakhir mengadakan acara di Library Podcast.Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau dalam sambutanya mengungkapkan rasa syukurnya karena saat ini Kabupaten Sanggau telah memiliki Perpustakaan Daerah serta beliau berharap agar anak-anak kaum muda suka membaca. Menurutnya membaca tak mengenal batasan usia dan itu merupakan hal yang sangat positif guna meningkatkan pengetahuan umum serta wawasan guna pengembangan diri. Sekretaris Daerah merupakan pegiat literasi membaca memberikan dukungan dan motivasi agar memanfaatkan fasilitas membaca di perpustakaan Daerah serta beliau memberikan dorongan kepada kaum muda agar dapat memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam karena hal itu juga merupakan kegiatan yang positif dan bermanfaat.”Saya berharap anak-anak kaum milenial saat ini suka membaca karena membaca merupakan jendela dunia, dengan membaca kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan Kita. Kita sudah ada fasilitas perpustakaan , tadi kita sudah lihat buku-buku yang ada cukup lengkap, mari gunakan fasilitas ini dan tentu kita jaga bersama,’ harap beliau.Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau Risma Aminin S.IP M.Si, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan , Tanaman Pangan, Hortikutura dan Perikanaan Pak Kubin, Forkompida Kabupaten Sanggau, Anggota Genre-Petani Milenial  Kabupaten Sanggau, Perwakilan Mahasiswa /IPSDKU Politeknik Negeri Pontianak di Kabupaten Sanggau, serta tamu undangan lainnya.

Selanjutnya Ketua TP PKK Sanggau Ny. Arita Apolina mengatakan bahwa membaca harus dilatih sejak dini sehingga kita dapat menjadi guru bagi diri sendiri karena dapat menambahkan pengetahuan dan wawasan yang tentunya manfaatnya juga untuk diri sendiri. Diakhir sambutannya, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau berpesan agar anak-anak milenial saat ini, tidak hanya aktif membaca dan menulis di media sosial saja. Ibu Arita berharap , agar dapat aktif membaca dan menulis dengan cara atau gaya berbeda dan baik.Oleh karena itu setelah kegiatan, anak-anak milenial yang hadir akan dilatih mengelola kata agar menghasilkan informasi yang baik.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bapak H.Sukri.,S.Sos, M.Si juga mengucapkan Terima Kasih Kepada Sekretaris Daerah, Ketua TP PKK Sanggau dan semua hadirin karena sudah berkenan hadir mengadakan kegiatan di Gedung Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau untuk memajukan Literasi di Kabupaten Sanggau melalui dukungan pengembangan Minat baca terhadap Genre Petani Milenial sebagai generasi penerus bangsa.