Tujuh Kali WTP Berturut-turut, Sanggau Kembali Raih Penghargaan dari Menkeu RI – Kalimantan Today

Tujuh Kali WTP Berturut-turut, Sanggau Kembali Raih Penghargaan dari Menkeu RI – Kalimantan Today


Foto—Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar Imik Eko Putro saat menyerahkan penghargaan dari Menkeu RI kepada Bupati Sanggau Paolus Hadi di ruang kerja Bupati Sanggau, Selasa (23/11/2021).–Ist

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pemkab Sanggau kembali meraih penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Penghargaan berupa piagam dan plakat itu diberikan atas keberhasilan Pemkab Sanggau dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2020 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan WTP yang ditandatangani Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati tersebut diperoleh Pemkab Sanggau secara berturut-turut untuk yang ketujuh kalinya. Penghargaan yang ketujuh ini diserahkan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar Imik Eko Putro kepada Bupati Sanggau, Paolus Hadi di ruang kerja Bupati Sanggau, Selasa (23/11/2021).

Saat menerima penghargaan, Paolus Hadi didampingi Sekda Sanggau Kukuh Triyatmaka dan sejumlah kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sanggau.

“Puji Tuhan, penghargaan WTP ini kita raih tujuh kali berturut-turut. Ini menjadi penyemangat kita untuk terus memperkuat pengelolaan keuangan yang lebih baik,” ucap PH, sapaan Paolus Hadi.

Meski meraih WTP, Bupati Sanggau dua periode ini bilang, masih ada catatan yang perlu menjadi perhatian.

“Kita meraih WTP, tetapi masih ada catatan penting yang harus terus kita olah untuk lebih baik lagi ke depan, artinya kualitasnya. WTP ini indikasi bahwa Kabupaten Sanggau dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangannya itu baik, dan sesuai dengan peraturan pemerintah,” ujarnya.

PH menegaskan, Pemkab Sanggau berkomitmen untuk meningkatkan lagi penyusunan dan penyajian LKPD yang lebih baik agar bisa mempertahankan capaian tersebut. “Kita dorong terus agar kualitas WTP-nya semakin baik. Ini penting, karena ketika kita melakukan itu, kita betul-betul riil dalam pengelolaan keuangan. Betul-betul kita manfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ucapnya.

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalbar Imik Eko Putro berharap, capaian yang sudah diraih Pemkab Sanggau ke depan dapat semakin ditingkatkan kualitasnya.

Kedatangan pihaknya ke Sanggau, lanjut dia, juga untuk menjalin komunikasi, koordinasi, kolaborasi antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan, KPPN Sanggau dengan Pemkab Sanggau. Tujuannya, meningkatkan kualitas dalam pengelolaan laporan keuangan untuk periode di tahun-tahun berikutnya.

“Selain itu, kami juga melakukan misi pembinaan dalam konteks pelaksanaan anggaran. Karena ada transfer ke daerah, khususnya DAK (Dana Alokasi Khusus) Fisik dan Dana Desa yang disalurkan oleh KPPN Sanggau. Kami melihat progress-nya bagus, sehingga ini menjadi catatan-catatan kami untuk terus dijaga,” pungkas Imik. (Ram)