Categories: Kalimantan Today

Pindah ke Aula Kantor Camat Kapuas, Kepala Puskesmas Sanggau Akui Jaringan Internet Jadi Kendala – Kalimantan Today


Foto—PINDAH AKIBAT BANJIR. Kondisi pelayanan Puskesmas Sanggau di aula Kantor Camat Kapuas, Rabu (10/11/2021)—Kiram Akbar

 

KALIMANTAN TODAY, SANGGAU. Pelayanan Puskesmas Sanggau, sejak Selasa (09/11/2021) dipindahkan ke aula Kantor Camat Kapuas lantaran bangunan Puskesmas Sanggau terendam air sejak Minggu (08/11/2021).

“Sabtu itu debit air di lokasi Puskesmas kita mulai naik. Puncaknya hari Minggu. Awalnya bagian depan, sorenya sudah sampai lantai bagian belakang Puskesmas. Jadi satu puskesmas terendam semua. Kondisinya sudah tidak memungkinkan lagi, Senin pagi kami sudah kemas-kemas alat dan barang-barang, termasuk dokumen-dokumen,” kata Kepala Puskesmas Sanggau, Bassilinus ditemui di aula Kantor Camat Kapuas, Rabu (10/11/2021).

Ia kemudian berkoordinasi dengan Camat dan melaporkan hal tersebut ke Bupati Sanggau, Paolus Hadi. Kondisi Puskesmas ketika itu, memang sudah tak layak lagi.

“Jadi diarahkan beliau, kita pinjam aula Kantor Camat ini. Jadi Senin itu kami memindahkan peralatan. Selasa baru kita buka pelayanan,” ungkapnya.

Foto—Kepala Puskesmas Sanggau, Bassilinus

 

Kepindahan lokasi pelayanan juga sudah disampaikan pada Camat, Bupati, serta masyarakat tujuh desa yang menjadi wilayah binaan Puskesmas Sanggau.

“Sejauh ini, masyarakat tahu informasi itu. Di depan kita pasang poster pemberitahuan, kemudian di Puskesmas kita juga sampaikan, dan melalui media sosial,” sebutnya.

Bassilinus berharap air segera surut agar pelayanan di tempat semula dapat berjalan kembali. Ia mengaku selama di aula Kantor Camat pelayanan tidak dapat maksimal.

“Memang di sini, banyak kendala. Salah satunya, kami biasa didukung dengan jaringan internet. Terutama terkait BPJS-nya. Kita perlu jaringan internet langsung untuk kita menginput data-data pasien. Termasuk untuk kegiatan lainnya memang kami rasa sangat terganggu. Pelayanan pun juga terbatas,” ungkapnya

Ia mengaku sudah berkoordinasi ke Dinas Komunikasi dan Informatikan (Diskominfo) Sanggau soal jaringan internet itu.

“Sementara itu, kita gunakan hotspot sementara. Saya juga sudah bicara dengan Pak Camat, mungkin kita bisa ambil dari jaringan mereka,” akunya.

Sedangkan untuk rawat inap, Bassilinus menjelaskan, di dua Puskesmas di Kota Sanggau hanya melayani rawat jalan. “Puskesmas Sanggau dan Puskesmas Tanjung Sekayam ini tidak ada rawat inap. Karena jarak dengan rumah sakit cukup dekat. Kecuali di kecamatan lain,” sebutnya. (Ram)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

11 jam lalu
  • Diskominfo

Buka Muscab DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Pj. Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Penjabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) ke-3 DPC ISKA (Ikatan Sarjana Katolik) Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028, bertempat di Aula DPRD Kabupaten Sanggau. Jumat (19/4/2024). “Harapannya…

11 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

11 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu