EVALUASI TERHADAP PENYELENGGARAAN MPP KABUPATEN SANGGAU, TEPAT 11 BULAN SEMENJAK BEROPERASI – DPMPTSP

EVALUASI TERHADAP PENYELENGGARAAN MPP KABUPATEN SANGGAU, TEPAT 11 BULAN SEMENJAK BEROPERASI – DPMPTSP


Pelaksanaan Evaluasi MPP Kabupaten Sanggau di ruang rapat lantai 2 Kantor Bupati Sanggau

//DPMPTSP KAB. SANGGAU//

Selasa, 9 November 2021 diadakan evaluasi penyelenggaran MPP di ruang rapat lantai 2 kantor Bupati Sanggau yang dipimpin oleh Asisten Administrasi Umum, Burhanuddin yang didampingi oleh Sekretaris DPMPTSP, Zaenal dan Kepala Bagian Organisasi, Maskun Amri serta dihadiri oleh para pimpinan/perwakilan dari instansi baik pemerintah daerah/vertikal maupun BUMD yang tergabung dalam MPP Kabupaten Sanggau.

Ada beberapa aspek yang menjadi bahan evaluasi dimana aspek – aspek tersebut adalah merupakan aspek yang menjadi indikator penilaian pelayanan publik oleh KEMENPAN – RB yang dilaksnakan tiap tahun, yaitu :

  1. Kebijakan Pelayanan
  2. Profesionalisme SDM
  3. Sarana Prasarana
  4. Sistem Informasi Pelayanan Publik
  5. Konsultasi dan Pengaduan
  6. Inovasi

Adapun tujuan dari pelaksanaan evaluasi tersebut adalah sebagai masukan dan rekomendasi yang berguna bagi peningkatan kualitas pelayanan publik yang diselenggarakan di MPP Kabupaten Sanggau.

Kualitas Pelayanan Publik merupakan salah satu sorotan yang diarahkan kepada birokrasi pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Untuk itu Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Sanggau, Ir. Zaenal selaku Pengelola MPP Kabupaten Sanggau mengupayakan agar ada peningkatan sarana dan prasarana penunjang pelayanan di MPP seperti optimalisasi mesin antrian, pengadaan sofa di ruang tunggu, rehabilitasi bangunan gedung di lantai atas untuk fasilitas ruangan pengelola MPP, ruangan pertemuan, mushalla, kantin, serta dapur, dan beliau berharap agar semuanya itu dapat dialokasikan pada tahun anggaran 2022 nanti.

“Untuk monitor mesin antrian dalam minggu ini akan segera kita laksanakan pengerjaannya. Untuk pengadaan fasilitas seperti sofa serta fasilitas yang lain akan kita akomodir di tahun anggaran berikutnya. Kita juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan (DPCKTRP) untuk alokasi anggaran rehabilitasi bangunan gedung, khususnya di lantai 2 bangunan untuk beberapa fasilitas ruangan seperti ruang pengelola, ruang pertemuan, mushalla, kantin, serta dapur”. Ujarnya saat dikonfirmasi.

Sampai saat kegiatan evaluasi ini, MPP Kabupaten Sanggau telah beroperasi selama 11 bulan dan banyak mendapat apresiasi dari berbagai pihak, terutama dari masyarakat sebagai pengguna layanan. Masyarakat terus berharap MPP akan terus maju berkembang dan membenahi diri, sebagai wujud transparansi birokrasi kepada masyarakat luas di berbagai lapisan dalam pelayanan publik. Hal ini diharapkan dapat memotivasi Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan di berbagai aspek sesuai dengan amanat Undang – undang untuk mensejahterakan rakyat secara merata. (RS)