Pemkab Sanggau-LKBN ANTARA tingkatkan kerja sama diseminasi informasi

Pemkab Sanggau-LKBN ANTARA tingkatkan kerja sama diseminasi informasi



Pontianak, (ANTARA) РPemerintah Kabupaten Sanggau bersama Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Provinsi Kalimantan Barat sepakat meningkatkan sinergi dalam menyebarluaskan informasi kepada masyarakat.

“Kehadiran ANTARA¬†sudah pasti sangat membantu kami dalam hal publikasi informasi. Sebagai kantor berita resmi pemerintah sangat tepat menjadi salah satu media informasi yang mampu menyuguhkan berita-berita berimbang dan menangkal berita-berita hoaks. Sehingga kami dari Pemda Sanggau akan lebih memperkuat kerjasama dengan media ANTARA,” kata Sekertaris Daerah Sanggau, Kukuh Triyatmaka di Sanggau, Sabtu.

Kukuh mengatakan, selain kegiatan pembangunan banyak hal lain yang bisa di informasikan ANTARA. Apa lagi Sanggau merupakan salah satu kabupaten yang wilayah daratannya berbatasan langsung dengan Malaysia.

“Di era keterbukaan informasi ini, masyarakat perlu disuguhkan berita-berita berbagai kegiatan yang dilalukan oleh aparat pemerintah. Namun, berita yang disuguhkan haruslah berimbang, tidak hanya dari segi kekurangannya akan tetapi juga kemajuan-kemajuan pembangunan yang telah kami lakukan. Saya yakin berita yang akurat, terpercaya dan berimbang akan menjadi kontrol sosial kemajuan pembangunan di Sanggau,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Biro Kalimantan Barat, Teguh Imam Wibowo mengungkapkan selama ini, Pemkab Sanggau dan Perum LKBN ANTARA Kalbar sudah menjalankan kerja sama dengan baik di sektor pemberitaan dan ini akan terus ditingkatkan.

“ANTARA sebagai media pemerintah ingin terus menggali potensi daerah untuk disebarluaskan melalui berbagai saluran distribusi informasi yang ada,” katanya.

Teguh memaparkan, LKBN ANTARA merupakan media penyiaran informasi mulai dari portal, foto, infografis, audio visual, penayangan di TV Robot yang tersebar di seluruh kementerian, bandara, stasiun maupun tempat-tempat layanan publik lain yang dikelola anak perusahaan ANTARA, PT Indonesia Market Quote (IMQ).

“Jadi, ANTARA tidak sekedar membuat dan menyiarkan informasi, namun juga menyebarluaskan hingga diketahui secara luas baik di tingkat nasional maupun internasional,” ujar Teguh.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro LKBN ANTARA Kalbar menawarkan beberapa bentuk kerja sama lain yang bisa dilakukan bersama Pemkab Sanggau, termasuk penguatan administrasi pemerintah desa melalui aplikasi Nusantara.

“Melalui aplikasi ini, masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan di tingkat desa, tidak perlu lagi harus menunggu lama dan datang ke kantor desa yang notabene-nya jauh dari rumah masyarakat. Mereka tinggal mengisi formulir yang disediakan melalui aplikasi sambil membaca berita ANTARA yang tampil di aplikasi tersebut,” tutur Teguh.

“Mudah-mudahan keberadaan ANTARA bisa memberikan kontribusi untuk berbagai program yang ada Sanggau dan kabupaten lainnya,” pungkasnya.