Yosafat

Wabup Sanggau Yohanes Ontot Serahkan Bantuan Kepada Korban Banjir Di Kecamatan Jangkang


SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si melakukan peninjauan terhadap para korban terdampak banjir di Desa Balai Sebut Kecamatan Jangkang, Kabupaten Sanggau pada Jum’at (29/10/21).

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau juga menyerahkan bantuan secara simbolis berupa beras kepada masyarakat yang terdampak banjir serta mie instan, gula, kopi, air mineral, dan minyak goreng kepada posko siaga bencana banjir yang berada di lokasi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir pula Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron, S.Sos., M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, SP., M.Si, Kepala Satpol PP Kabupaten Sanggau Victorianus, S.Sos, Camat Jangkang Martinus Marono, SP., MM, Forkompimcam, Kepala Desa Balai Sebut, dan beberapa anggota Kelompok Masyarakat Peduli Bencana (KMPB).

Dalam kesempatan tersebut Camat Jangkang Martinus Marono menyampaikan bahwa bencana banjir di daerah itu adalah bencana tahunan dengan siklus 10 tahun akan pasang tinggi.

“Musibah ini adalah musibah tahunan akibat curah hujan yang tinggi dan pemerintah tetap hadir untuk membantu masyarakat yang terkena dampak agar diharapkan dapat mengurangi beban parakorban,” ujar Camat Jangkang.

Camat menyampaikan bahwa akan mengantisipasi terjadinya korban jiwa karena menurutnya itu merupakan hal yang terpenting saat adanya suatu musibah.

“Yang terpenting tidak ada korban jiwa, karena biasanya setiap tahun bencana banjir menelan korban jiwa, nah itu yang kita antisipasi agar tahun ini tidak ada korban jiwa,” ucap Camat Jangkang Martinus.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau menyerahkan bantuan secara simbolis kepada warga yang terdampak musibah dan menyampaikan dukungan terhadap para korban saat meninjau lokasi banjir.

“Pemerintah Daerah tentunya hadir dan akan membantu warga yang menjadi korban bencana banjir ini, kita telah salurkan 2 ton beras beberapa waktu lalu, kemudian saat ini sedang dikirim kurang lebih sekitar 14,5 Ton beras dan sedang dalam perjalanan,” Ujar Yohanes Ontot.

Setelah meninjau lokasi, saat diwawancara Yohanes Ontot menyampaikan bahwa air sudah mulai surut dan warga enggan mengungsi dan memilih bertahan saat air pasang beberapa waktu yang lalu.

“Menurut pengamatan yang kita lihat hari ini air sudah mulai surut dan walaupun beberapa waktu yang lalu air sempat pasang tinggi tetapi menurut laporan warga masih memilih untuk bertahan di rumah mereka masing-masing,” Tutur Wakil Bupati Sanggau.

Di akhir wawancara Yohanes Ontot menyampaikan harapannya agar air segera surut dan masyarakat dapat beraktifitas kembali dengan normal.

“Tentu kita semua berharap agar air segera surut dan masyarakat dapat beraktifitas seperti biasanya,” Ucap Yohanes Ontot.