Categories: Diskominfo

Bincang Spesial Tribun Pontianak, Bupati Sanggau Kenalkan Batik Sabang Merah


//DISKOMINFO-SGU//
PONTIANAK – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si mengenalkan yang menjadi khas Kabupaten Sanggau yaitu Batik Sabang Merah. Saat menjadi narasumber dalam Bincang Spesial Tribun Pontianak, Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si tampak menggunakan baju batik Sabang Merah tersebut, Senin (11/10/202).

Bupati Sanggau, Paolus Hadi merupakan penggagas Sabang Merah yang memiliki kepanjangan “Sanggau Bangga Mengukir Sejarah”.

PH, sapaan akrab Bupati Sanggau mengatakan Sabang Merah merupakan semangat ketika ia mencalonkan diri menjadi Bupati.

“Berawal ketika saya mencalonkan diri menjadi bupati, langkah pertama saya adalah untuk punya semangat patriotik apabila terpilih,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Bunga Sabang Merah, kata Paolus Hadi merupakan sebutan dalam bahasa Sanggau. Ada berbagai warna, namun warna merah dan hijau yang paling banyak di Sanggau.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi berharap secara pribadi bersama Bapak Wakil Bupati beserta jajaran pemerintah daerah, serta masyarakat untuk semangat mengukir sejarah.

“Spirit Sabang Merah mengharuskan kita kuat karena kita punya talenta. Sekecil apapun akan tetap jadi sejarah, baik untuk pribadi maupun bagi orang ramai,” ujarnya.

Menurut Paolus Hadi yang juga orang nomor satu di Kabupaten Sanggau katakan masyarakat Sanggau mengenal dirinya sebagai Bapak Sabang Merah.

“Saat saya terpilih hingga sekarang beberapa mengenal saya Sabang Merah. Selesai periode pertama saya melanjutkan semangat ini dalam periode kedua kami,” katanya.

Selain di Sanggau, diketahui memang Sabang Merah juga terdapat di daerah Landak dan juga di Jawa.

“Kita pahami fungsi besarnya bisa mengobati,” ujarnya.

Menurut Paolus Hadi daun Sabang Merah istimewa sehingga Ia dedikasikan untuk sektor kreatif dalam membuat motif batik.

“Lalu ekonomi kreatif seperti plakat dibuat motif bunga Sabang Merah, kemudian ada batik motif Sabang Merah. Karena sampai hari ini kita belum punya khas, sehingga batik Sabang Merah menjadi khas Kabupaten Sanggau,” tuturnya.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Terpanggil Jaga Marwah Partai, Yance Siap Berlaga di Pilkada Sanggau – Radar Kalbar

FOTO : Timotius Yance didampingi Ketua Harian Partai Golkar, Abdul Rahim S.H dan koordinator tim pemuda, Sulaiman saat mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wakil Bupati di Sekretariat PDI Perjuangan Kabupaten Sanggau [Sery Tayan]SANGGAU – radarkalbar.comPOLITISI…

6 jam lalu
  • Diskominfo

Buka MUSCAB DPC ISKA Kabupaten Sanggau, Ini Pesan Penjabat Bupati Sanggau

//DISKOMINFO-SGU// SANGGAU – Pejabat (Pj) Bupati Sanggau, Suherman, S.H., M.H membuka secara resmi Musyawarah Cabang ke-3 DPC ISKA Kabupaten Sanggau Periode 2024-2028 di Aula DPRD Kabupaten Sanggau, Jumat, (19/4/2024) “Harapannya adalah yang pertama agar pengurus…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Gunung Semeru Meletus pada Hari Raya Lebaran Ketiga hingga Telan Korban Jiwa -17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video berdurasi 4 menit 56 detik di platform YouTube yang mengeklaim bahwa pada hari raya Lebaran ketiga Gunung Semeru yang berlokasi di Provinsi Jawa Timur meletus hingga menelan korban jiwa.…

2 hari lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Video Sebuah Terowongan Bawah Laut Mengalami Kebocoran – 17/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah video di media sosial TikTok yang memperlihatkan adanya kebocoran air yang cukup deras di sebuah dinding terowongan yang diduga adalah terowongan bawah laut. Dalam unggahan video tersebut juga terdengar suara teriakan…

2 hari lalu