Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sanggau Periode 2021-2024

SANGGAU – Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si yang diwakili oleh Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau Antonius, S.Sos menghadiri sekaligus membuka Kegiatan Pelantikan Pengurus Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sanggau Periode 2021-2024 dan Rapat Pimpinan Cabang Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sanggau Dengan Tema Menciptakan Kader Pemuda Katolik yang Unggul, Kreatif, Inovatif dan Solid. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Gedung DPRD Kabupaten Sanggau pada Sabtu (25/9/21).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Pastor moderator Leonardus Kupit, Sekretaris Komisariat Provinsi Kalbar Glorio Sanen, SH, Wakapolres Sanggau Kompol Agus Dwi Cahyono, Dandim 1402 Sanggau atau yang mewakili, Kepala Imigrasi Sanggau Albert, DANSUB PM Sanggau Kapten Zebua, BAMAG Pdt. Daud Simarmata Perwakilan WKRI, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Pengurus Pemuda Katolik yang dilantik Hubertus Vincensius Wake, S.Fil menyampaikan ucapan terimakasih kepada berbagai pihak yang terlibat serta kepada panitia yang telah bekerja mempersiapkan kegiatan tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasi kepada setiap instansi/lembaga yang telah mendukung dan support serta panitia yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan hari ini sehingga kegiatan pelantikan ketua dan pengurus pemuda katolik komisariat cabang kabupaten sanggau dapat berjalan dengan lancar dan baik,” ujarnya.

Selanjutnya Hubertus Vincensius Wake mengatakan agar berbagai pihak seperti TNI, Polri dan dari Keuskupan untuk dapat memberikan masukan, saran, kritik yang membangun agar organisasi dapat menjadi lebih baik.

Saya juga meminta Keuskupan, TNI, Polri agar untuk memberikan saran-masukan atau bahkan menegur jika kami salah, tentu hal tersebut merupakan masukan yang baik dan dapat membangun organisasi ini menjadi lebih baik”, ungkapnya.

Selanjutnya Sekretaris Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Barat Glorio Sanen menjelaskan bahwa organisasi Pemuda Katolik ini adalah organisasi kader agar mempersiapkan kader-kader yang mampu meminpin di masa yang akan datang.

“Sebagai organisasi kader dan organisasi gerakan maka diharapkan organisasi ini dapat menjadi wadah serta mampu meningkatkan kapasitas kader agar nantinya saat kader susah matang maka akan dilakukan distribusi kader”, tuturnya.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa terjadi pergeseran pola dalam membangun relasi sosial dimana di masa milenial ini banyak pemuda yang tidak mau terlibat dalam sebuah organisasi dan mengatakan hal tersebut merupakan tantangan yang di hadapi hampir semua organisasi kepemudaan yang ada saat ini.

“Kita lihat di masa saat ini terjadi pergeseran pola membangun relasi sosial, anak muda sekarang kurang tertarik aktif terlibat dalam organisasi. Saat ditanya cita-cita mereka cenderung memilih tidak sebagai Polri/TNI malah ingin menjadi youtuber dan ini merupakan tantangan bagi organisasi kepemudaan, organisasi pengkaderan dan lain sebagainya”, ujar Sekretaris Pemuda Katolik Komisariat Daerah Kalimantan Barat Glorio Sanen.

Selanjutnya Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M. Si yang diwakili oleh Plt. Kaban Kesbangpol Antonius, S. Sos menyucapkan selamat kepada ketua dan seluruh pengurus yang telah dilantik dan berharap agar dapat menjalankan tugas dengan baik

“Saya ucapakan selamat kepada ketua dan seluruh pengurus yang telah terpilih dan dilantik tadi. Semoga semuanya dapat menjalankan tugas dengan baik,” ujarnya.

“Saya melihat selama ini sudah bnyak kegiatan yang telah dilasanakan oleh kepengurusan yang lama dan semoga dapat dilanjutkan atau bahkan ditingkatkan lagi,” sambungnya.

Selanjutnya Antonius menyampaikan pesan kepada seluruh pengurus dan anggota agar tetap mengikuti Aturan Dasar-Aturan Rumah Tangga yang ada serta tetap setia kepada ideology bangsa.

“Organisasi ini tergolong organisasi kemasyarakatan dan tentu ada undang-undang yang mengaturnya. Tentu saya berpesan kepada seluruh pengurus agar dapat melaksanakan tugas pokok sehingga mengikuti AD-ART dan tetap sejalan dengan ideologi bangsa dan negara ini,” pesan Antonius.

Diakhir sambutannya Antonius mengatakan bahwa pemerintah tentu terbantu dengan adanya organisasi seperti ini karena merupakan partner pemerintah yang membantu pemerintah dalam hal pembangunan di seluruh aspek masyarakat.

“Organisasi masyarakat merupakan partner pemerintah yang akan bersama-sama membantu pemerintah dalam membangun di berbagai aspek oleh sebab itu perlu pengurus baru menyusun program dan kegiatan yang positif dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat terutama di Kabupaten Sanggau”, ujarnya di akhir sambutannya.