DLH Sanggau Terima Kunjungan dari Dinas Perhubungan Sanggau – Dinas Lingkungan Hidup

DLH Sanggau Terima Kunjungan dari Dinas Perhubungan Sanggau – Dinas Lingkungan Hidup


Pada hari Kamis ( 02/09/21) Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau menerima kunjungan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau dalam rangka  melakukan koordinasi dan monitoring Kendaraan yang wajib Uji KIR. Rombongan dari Dinas Perhubungan dipimpin oleh  Kabid lalu Lintas dan Angkutan Drs. Agus Supriyanto dan didampingi oleh beberapa personil dari dinas tersebut. Kunjungan ini diterima langsung Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau Agus Sukanto, S.Hut.

Drs. Agus Supriyanto dalam kunjungan tersebut menyampaikan beberapa hal terkait aturan lalu lintas terutama kendaraan yang Wajib KIR. “ di Dinas Lingkungan Hidup ini termasuk dinas yang mempunyai kendaraan wajib KIR terutama dump truk angkutan sampah, untuk itu kami sangat berharap kendaraan angkutan sampah tersebut dapat dilakukan uji KIR” kata Drs. Agus Supriyanto.

Dalam kesempatan ini juga Drs. Agus Supriyanto memberikan saran terkait penempatan TPS dan Kontaner ini dilakukan  untuk menjaga keselamatan baik petugas kebersihan maupun pengguna jalan,

Sementara itu Andrew Setiawan,ST Kepala UPTD PKB yang ikut dalam rombongan Dinas Perhubungan tersebut menerangkan “ Peraturan uji KIR tertuang dalam Undang-Undang No. 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) Pasal 53 ayat 1 yang menyatakan:

“Uji berkala wajib dilakukan untuk mobil penumpang umum dan mobil barang, bus, mobil berkereta gandengan dan berkereta tempelan yang beroperasi di jalan”.

Lalu pada ayat 2, pengujian berkala tersebut meliputi kegiatan, pemeriksaan dan pengujian fisik, serta pengesahan hasil uji.

Sementara waktu pelaksanaannya, dijelaskan pada pasal 5 ayat 3 Peraturan Menteri Perhubungan Pengujian Berkala Kendaraan Bermotor (Permenhub PBKB) yang menyatakan uji KIR perdana dilakukan paling lama satu tahun setelah terbit STNK yang pertama kali.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Agus Sukanto, S.Hut menyambut baik serta mengucapkan terima-kasih atas kunjungan ini. “ terima-kasih atas kunjungan ini, dengan kunjungan dari Dishub ini kami akan berusaha untuk melaksanakan Uji KIR terhadap kendaraan operasional kami” tutup Agus Sukanto, S.Hut