Categories: Radar Kalbar

Pemkab Sanggau Terima Bantuan Mobil Ambulance Infeksius dan Konsentrator Oksigen dari Pemprov Kalbar


FOTO : Gubernur Kalbar Sutarmidji menyerahkan reflika kunci mobil ambulance bantuan kepada Bupati Sanggau, Paolus Hadi (Ist)

Pewarta/sumber : Tim liputan/ADPIM Pemprov Kalbar.

radarkalbar. com, PONTIANAK – Pemkab Sanggau mendapatkan bantuan berupa satu unit Ambulance Infeksius dan 6 unit Konsentrator Oksigen dari Pemprov Kalbar.

Penyerahan bantuan ini dilaksanakan Gubernur Kalbar, Sutarmidji diterima Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Senin (30/8/20210.Bantuan ini bertujuan untuk membagi fungsi penggunaan mobil ambulance untuk yang terpapar Covid-19 dengan pasien penyakit umum lainnya.

“Pemprov Kalbar menyerahkan bantuan sebanyak 12 mobil ambulance dan 92 oksigen konsentrator. Ambulance ini akan digunakan untuk menjemput pasien Covid-19 agar terpisah dengan yang membawa pasien umum/penyakit lainnya. Pasien yang akan dibawa ke tempat isolasi terpadu/ terpusat tidak boleh dijemput menggunakan sembarang kendaraan, harus dengan ambulance khusus,” ungkap Gubernur Kalbar H. Sutarmidji usai menyerahkan bantuan di Halaman Rumah Dinas Gubernur Kalbar, Senin (30/8/2021).

Dijelaskan, mobil ambulance tersebut juga bisa digunakan untuk vaksin keliling. Namun teknisnya di lapangan akan diserahkan sepenuhnya kepada Pemkab/Pemkot yang menerima bantuan ini.

“Saya memilih mobil yang besar agar sesuai dengan standar ambulance. Kemudian, mobil ini juga bisa digunakan untuk vaksin keliling, vaksinator dapat menggunakan mobil ini menuju tempat vaksinasi,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur Kalbar juga mendapatkan laporan pemkab/pemkot mengalami kekurangan mobil ambulance untuk pasien Covid-19. Sehingga menggunakan kendaraan biasa yang tidak memenuhi standar fungsi Operasional nya.

“Saya banyak mendapatkan laporan kab/kota kekurangan mobil ambulans. Bahkan terpaksa menggunakan mobil biasa untuk membawa pasien Covid-19. Maka dari itu, kami memutuskan untuk membeli mobil ambulans. Jika Pemprov Kalbar bisa menggunakan anggaran Belanja Tidak Terduga (BTT). Insya Allah, prosesnya akan cepat. Sedangkan bantuan ini memerlukan proses dan memakan waktu cukup lama,” ungkapnya Sutarmidji.

Ada 10 kabupaten/kota yang menerima bantuan mobil ambulance ini masing-masing Kabupaten Sambas, Bengkayang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Ketapang, Mempawah, Landak, Kubu Raya, dan Kota Pontianak.Sedangkan sebanyak 92 konsentrator oksigen dibagikan ke 14 kabupaten/kota di Kalbar.

Editor : redaksi radarkalbar.com


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Indonesia adalah Negara dengan Utang Terkecil di Dunia – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah komentar di salah satu unggahan video pada platform TikTok yang mengeklaim bahwa Indonesia adalah negara dengan rasio utang terkecil di dunia. Adapun besar rasio utang yang dimiliki Indonesia adalah sebesar 35%.…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Kuis Tebak Angka Berhadiah Toyota Hilux – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar beberapa unggahan informasi di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa terdapat kuis tebak angka berhadiah sebuah mobil Toyota Hilux. Terlihat dalam unggahan-unggahan tersebut memuat gambar Toyota Hilux beserta sederet angka 609 dengan…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Gas LPG 3 Kilogram Dijual Rp70 Ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar gambar tangkapan layar sebuah unggahan di media sosial Facebook berisi klaim yang menyebutkan bahwa gas LPG 3 kilogram dijual seharga Rp70 ribu di Desa Sedayu, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Faktanya, berdasarkan…

9 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Giveaway Motor CRF dan Uang Rp40 Juta oleh PT Astra Honda – 15/04/2024

Penjelasan : Beredar unggahan video di platform TikTok yang mengeklaim bahwa Honda Indonesia memberikan hadiah motor CRF dan uang Rp40 juta. Dilansir dari turnbackhoax.id, giveaway yang mengatasnamakan PT Astra Honda adalah penipuan. Akun yang menyebarkan…

9 jam lalu