Categories: Antaranews

KJRI Kuching pulangkan jenazah PMI yang meninggal di Sarawak



Pontianak (ANTARA) – Jajaran Konsulat Jendeeal Republik Indonesia (KJRI) Kuching bantu pemulangan seorang WNI/PMI atas nama Muhammad (52) warga Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, yang meninggal dunia di Sibu, Sarawak, 20 Agustus 2021, karena sakit.

“Kami dari KJRI Kuching membantu proses penyelesaian dokumen dan pemulangan jenazah almarhum bersama istri dan putranya melalui PLBN Entikong,” kata Kepala KJRI Kuching, Yonny Tri Prayitno, melalui keterngan tertulisnya diterima di Pontianak, Jumat.

Almarhum sebelumnya bekerja di Perusahaan Woodman Tamar Plantation di Sibu, dan tinggal di Sibu bersama istrinya Rosmalawati (53) dan putranya Asdi Arwansyah Purba (18).

Yonny mengatakan, jenazah tiba di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar hari ini, setelah diangkut melalui perjalanan darat dari Sibu.

Bersamaan waktunya juga lanjutnya lagi, dipulangkan dua orang WNI, yaitu seorang anak laki-laki atas nama Panji Micael (11) asal Entikong, Kabupaten Sanggau yang sudah setahun ditinggal ibunya di Kuching, karena ibunya yang saat itu sedang hamil pulang ke Entikong untuk melahirkan di Entikong.

Baca juga: KJRI Kuching bantu pulangkan PMI dalam kondisi khusus lewat Entikong

Yonny menambahkan, sebelumnya pada hari Kamis (26/8), delapan orang WNI/PMI kondisi khusus juga dibantu pemulangannya oleh KJRI Kuching melalui PLBN Entikong.

“Kedelapan orang PMI tersebut, lima asal Sambas, Kalbar, dan dua orang asal Lampung serta balita yang diserahkan oleh pihak Imigresen Sarawak kepada KJRI Kuching untuk dipulangkan ke Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga membantu pemulangan tiga orang PMI lainnya, yaitu seorang ibu yang sudah berumur dengan seorang anaknya yang masih balita. Mereka berdua diserahkan oleh pihak Polisi Daerah Serian kepada KJRI Kuching untuk dipulangkan ke Indonesia. Dan satu lagi seorang WNI/PMI asal Karawang, Jabar, yang terlantar di Sarawak karena mengalami penyakit kutu air.

Kesepuluh WNI/PMI tersebut sebelumnya ditampung di rumah perlindungan (shelter) KJRI Kuching sambil menunggu proses penyelesaian dokumen perjalanan mereka. Sebelum keberangkatan ke Tebedu/Entikong mereka melakulan tes COVID-19 di Rumah Sakit KPJ, Kuching dengan hasil negatif.

Yonny menambahkan, proses pemulangan jenazah bersama istri dan anaknya serta kesepuluh WNI/PMI kondisi khusus tersebut ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar, dan berjalan lancar.

“Di PLBN Entikong mereka diterima oleh Satgas Pemulangan WNI/PMI PLBN Entikong dan selanjutnya menjalani proses pencegahan COVID-19 sebelum dipulangkan ke daerah asalnya masing-masing,” tuturnya.

Baca juga: KJRI Kuching bantu pulangkan jenazah warga asal Dompu
Baca juga: Kwarda Kalbar targetkan 150 kantong darah pada baksos hari pramuka
Baca juga: DPRD Sambas dorong program perlindungan PMI di luar negeri




Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Serius Akan “Bertarung” ke Pilkada, Raja Sanggau Ambil Berkas Pendaftaran di PAN – Radar Kalbar

FOTO : Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Drs H Gusti Arman M. Si (tengah) saat mengambil formulir berkas pendaftaran bakal calon Bupati di Sekretariat PAN [dok keraton]pewarta / editor : sery tayanBUKTI keseriusan akan…

6 jam lalu
  • Diskominfo

Pemkab Sanggau Laksanakan Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII

//DISKOMINFO-SANGGAU// SANGGAU – Pemerintah Kabupaten Sanggau melaksanakan upacara peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII, dengan mengusung tema: “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan Yang Sehat”. Upacara dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Ir. Kukuh…

10 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Iklan Ajakan Mendaftar Paylater BCA dan Upgrade Kartu Kredit BCA – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah iklan di media sosial Instagram yang mengiklankan ajakan mendaftar payla?er Bank Central Asia (BCA) dan upgrade kartu kredit BCA. Akun-akun yang beredar tersebut menggunakan nama dan logo dari BCA. Dilansir dari…

13 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Pemerintah Indonesia Setuju Lakukan Normalisasi Hubungan dengan Israel pada April 2024 – 24/04/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan di media sosial Instagram yang mengatakan adanya proses normalisasi hubungan bilateral antar pemerintah Indonesia dengan Israel. Dalam keteranganya disebutkan bahwa media-media Israel menyatakan Pemerintah Indonesia setuju untuk membangun hubungan diplomatik…

13 jam lalu