BPBD Sanggau Ingatkan Warga, Beberapa Kecamatan Berpotensi Hujan Sedang Hingga Tinggi

BPBD Sanggau Ingatkan Warga, Beberapa Kecamatan Berpotensi Hujan Sedang Hingga Tinggi


FOTO : Kasi Kesiapasiagaan Bencana BPBD Sanggau, Kristian Hendro (Abin)

Pewarta : Abin

radarkalbar. com, SANGGAU – Prediksi Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kalbar cuaca di Kabupaten Sanggau terhitung 25-31 Agustus 2021 berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi.

Kepala Seksi (Kasi) Kesiapsiagaan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau Kristian Hendro mengungkapkan berdasarkan prediksi BMKG tersebut wilayah yang berpotensi curah hujan sedang hingga tinggi itu diantaranya Kecamatan Toba, Meliau, Kembayan dan Entikong.

” Prediksi Badan Metereologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Kalbar cuaca di Kabupaten Sanggau terhitung 25-31 Agustus 2021 berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi. Oleh karenanya kami mengimbau masyarakat untuk mewaspadai ancaman banjir hingga longsor,” ungkapnya, Rabu (25/8/2021).

Menurut Hendro, yang paling berpotensi itu adalah Kecamatan Entikong karena beberapa kali mengalami banjir rob. Kemudian Kecamatan Beduai khususnya jalan arteri atau jalan negara.

“Karena bencana banjir dan longsor ini kerap terjadi. Kami hanya bisa mengingatkan warga untuk waspada jangan sampai menjadi korban akibat keganasan alam yang bisa terjadi kapan saja,” ingatnya.

Untuk itu kata Hendro, BPBD Sanggau sudah melakukan sosialisasi termasuk dengan membentuk relawan tanggap bencana di setiap desa.

Sementara untuk daerah yang berpotensi petir dan angin puting beliung terjadi di Kecamatan Bonti dan Jangkang.

“Sebenarnya bulan Agustus ini sudah masuk musim kemarau, tapi faktanya terjadi pergeseran musim sehingga masih terjadi hujan bahkan dengan intensitas sedang hingga tinggi di beberapa Kecamatan,” tukasnya.

Editor : Herman MD