DLH Kab. Sanggau Lakukan Pelatihan Pengukuran RTH dengan Aplikasi Telegram – Dinas Lingkungan Hidup

DLH Kab. Sanggau Lakukan Pelatihan Pengukuran RTH dengan Aplikasi Telegram – Dinas Lingkungan Hidup


Perkembangan teknologi telah menjadikan semua hal lebih mudah bagi penghidupan manusia secara keseluruhan. Revolusi Industri 4.0 telah mendorong semua aspek menjadi lebih terkoneksi. Revolusi industri 4.0  telah menggabungkan system yang sudah otomatis dengan pembaharuan data melalui Teknologi of Thing (TOT) yang secara fisik dapat terhubung dan berkoordinasi secara bersamaaan baik antar mesin atau dengan manusia, ditambah dengan adanya teknologi cloud computing dimana memungkinkan tersedianya pelayanan dalam atau luar organisasi untuk pemanfaatan umum. Revolusi industry 4.0 hampir melanda semua aspek salah satunya pada aspek lingkungan hidup. Penerapan Teknologi of Thing (TOT) pada bidang lingkungan hidup sangat diperlukan untuk menunjang pengelolaan, pemantauan dan monitoring lingkungan hidup.

Seperti kita ketahui bersama saat ini ada beberapa layanan aplikasi aplikasi online yang mempermudah kita dalam kehidupan sehari-hari salah satunya telegram. Salah satu filtur di aplikasi telegram adalah dapat digunakan untuk melakukan kegiatan pengukuran.

Sejalan dengan dasar diatas Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau pada hari ini Senin (23/08/2021) bertempat di Ruang Pertemuan Dinas Lingkungan Hidup menyelenggarakan kegiatan pelatihan Pengukuruan Ruang Terbuka Hijau dengan menggunakan layanan aplikasi Telegram dengan narasumber Rusli, A.Md serta diikuti oleh beberapa personil dari Bidang Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Bidang RTH dan Kehati.

Disampaikan oleh Rusli tujuan kegiatan ini adalah selain menambah ilmu pengetahuan, dengan kegiatan ini diharapkan kepada bidang RTH dan Kehati dapat diperuntukkan dalam rangka membuat laporan pengisian Indeks Kualitas Lahan (IKL) sebagai salah satu indikator pendukung IKLH.

Tessa salah satu staf bidang RTH dan Kehati yang mengikuti kegiatan ini mengungkapan “ apa yang didapatkan dalam pelatihan ini sangat berguna bagi kami, selain menambah wawasan juga dapat membantu kami dalam kegiatan di bidang RTH kami berharap setelah kegiatan ini ada pendampingan serta praktek langsung ke lapangan” ungkap Tessa.

Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Sanggau Agus Sukanto, S,Hut ditempat terpisah mengatakan” secara umum kami sangat mendukung kegiatan ini, dan kami berharap pelatihan ini dapat dimaanfaatkan dan digunakan dalam kegiatan di Dinas Lingkingan Hidup guna menunjang berbagai hal sehinngga dan membantu dalam pengisian berbagai laporan’tutup Agus Sukanto, S.Hut.