TIM EFEKTIF SiRATU BINA ARSIP PADA OPD PILOT PROJECT

TIM EFEKTIF SiRATU BINA ARSIP PADA OPD PILOT PROJECT


Sanggau, Guna mengimplementasikan Proyek Perubahan Strategi Penyelenggaraan Kearsipan Terpadu di Kabupaten Sanggau (SiRATU), yang merupakan suatu strategi untuk memadukan keseluruhan instrument meliputi penetapan kebijakan, pembinaan kearsipan, dan pengelolaan arsip yang didukung oleh sumber daya manusia, prasarana dan sarana, serta sumber daya lainnya dalam suatu penyelenggaraan kearsipan daerah secara terpadu, untuk mewujudkan tertib pengelolaan arsip sesuai norma, standar, prosedur dan kriteria pada Organisasi Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Telah diadakan pembinaan langsung oleh Tim Efektif SiRATU pada Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau yang menjadi pilot project  pada hari Selasa dan Rabu tanggal 3–4 Agustus 2021 bertempat di Dinas Perhubungan Kabupaten Sanggau, sebagai tindak lanjut dari pelatihan/bimbingan kearsipan yang telah dilaksanakan.  Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Bapak Sukri turut serta dalam pembinaan Kearsipan dimaksud beserta koordinator Pokja II Kabid PLPA Bapak Johansyah.

Sebelumnya Tim Efektif SiRATU diterima Kadis Perhubungan Bapak Drs. Anselmus, dan menyambut baik diadakan pembinaan kearsipan pada Dinas Perhubungan serta menyatakan dukungan penuh terhadap implementasi Aksi Perubahan SiRATU, berupa dukungan peningkatan Kapasitas Pengelola Arsip,  dukungan penyediaan anggaran pengelolaan arsip,  dan penunjukkan petugas pengelola arsip dengan keputusan.

 

Hasil pembinaan kearsipan kepada Arsiparis/Pengelola Arsip Dinas Perhubungan berupa pengelolaan arsip dinamis, telah tertata sebagian arsip dinamis inaktif serta tersedia ruang record center untuk penyimpanan arsip inaktif. Mengingat volume arsip dinamis inaktif pada Dinas Perhubungan cukup banyak maka pengelolaan selanjutnya secara rutin dilanjutkan oleh arsiparis/pengelola arsip Dinas Perhubungan, namun tetap menjadi pantauan Tim Efektif untuk pembinaan selanjutnya. Tim Efektif juga membuka coaching clinic terkait penyelenggaraan kearsipan kepada Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau.