Tata cara Penerbitan STR Nakes V.2.0

Rakor TKPD Kab. Sanggau & FKDM Kab. Sanggau


Rapat Koordinasi Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKPD) Kabupaten Sanggau dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Sanggau diselenggarakan pada hari Rabu, 4 Agustus 2021 bertempat di Ruang Musyawarah Lantai I Kantor Bupati Sanggau.

Rapat Koordinasi TKPD Kabupaten Sanggau dan FKDM Kabupaten Sanggau tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Sanggau (Drs. Yohanes Ontot, M.Si), Kepala BNNK Sanggau (Rudolf Manimbun, ST, MM), Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau (Joni Irwanto), Kepala Seksi Intelijen (Freddy Wiryawan, S.H.), KBO Sat Intelkam Polres Sanggau (IPDA Gunawan Carda), Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau (Antonius, S.Sos), Kepala Bidang Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik (M. Andy Gustami, SAB), Kepala Subbidang Kewaspadaan Dini dan Kerjasama Intelijen (Salman, S.I.P), Kepala Subbidang Penanganan Konflik (Suhardi) dan Pengurus Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kabupaten Sanggau.

Dalam sambutannya Plt. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sanggau menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan Rapat Koordinasi TKPD Kabupaten Sanggau dan FKDM Kabupaten Sanggau sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 2 Tahun 2018 tentang Kewaspadaan Dini Daerah, dengan tujuan pelaksanaannya guna diperoleh masukan-masukan dari para peserta rapat kepada Pemerintah Daerah terkait dengan upaya deteksi pencegahan dini agar dapat lebih awal diketahui permasalahan-permasalahan yang ada di tengah-tengah masyarakat, sehingga dalam rangka mewujudkan salah satu misi Kepala Daerah yaitu Mewujudkan Kondisi Masyarakat Yang Aman, Tentram dan Dinamis, maka perlu dibentuk Tim Kewaspadaan Dini Pemerintah Daerah (TKPD) dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sanggau menyampaikan gambaran dan paparan dasar pembentukan FKDM Kabupaten Sanggau yang diharapkan dapat memberi informasi sedini mungkin kepada Pemerintah Daerah untuk menjadi bahan pertimbangan dalam menindaklanjuti kejadian atau permasalahan yang terjadi di daerah.

Wakil Bupati Sanggau juga menyampaikan bahwa FKDM merupakan wadah pemerintah dalam penyampaian kabar yang lebih awal mengenai kewaspadaan dini, yang kemudian dapat ditindaklanjuti oleh pemerintah. Dalam hal ini FKDM Kabupaten Sanggau dapat memberikan masukan-masukan yang merupakan bahan pertimbangan bagi pemerintah di dalam menentukan kebijakan.

Turut disampaikan oleh Wakil Bupati Sanggau, kendati selama ini kondisi situasi di Kabupaten Sanggau relatif kondusif akan tetapi kewaspadaan dini masyarakat harus senantiasa dijaga, bahkan apabila diperlukan dapat lebih ditingkatkan lagi di masa-masa yang akan datang.