Minim Serapan, Kejari Sanggau 'Pelototin' Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19

Minim Serapan, Kejari Sanggau ‘Pelototin’ Penggunaan Anggaran Penanganan Covid-19


FOTO : Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Tengku Firdaus (IST)

Pewarta : Abin.

radarkalbar.com, SANGGAU – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sanggau, Tengku Firdaus mengaku mendapat perintah langsung dari Jaksa Agung Republik Indonesia untuk melakukan koordinasi kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau terkait hal tersebut.

Hal itu, terkait dengan minimnya serapan anggaran covid-19 di Kabupaten Sanggau, mengingat dianggarkan cukup tinggi. Namun, penyerapan terbilang lamban.

“Saya, Kajari (Sanggau) diperintahkan langsung oleh Jaksa Agung untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait rendahnya penyerapan anggaran Covid–19. Perintahnya, tentukan dimana simpul–simpul permasalahannya. Kenapa, anggaran sudah dikucurkan cukup besar tapi tidak maksimal,” ungkap Tengku saat jumpa pers, Kamis (22/7/2021).

Dipaparkan, sepengetahuannya, anggaran Covid–19 di Kabupaten Sanggau sekira lebih dari Rp 65 miliar. Namun, informasi yang didapatkannya, mengenai serapan, baru mencapai 15 persen.

“Kalau tidak salah lho ya, anggarannya Rp 65 miliar lebih. Untuk dinas kesehatan sekitar 60 persennya, sisanya untuk RSUD MTh Djaman. Nanti kita kroscek lagi pastinya, bagaimana, ”paparnya.

Ditegaskan, bentuk pengawalan yang nanti dilakukan pihaknya tidaklah untuk mencari–cari kesalahan, tetapi lebih untuk membantu Pemkab Sanggau memaksimalkan penyerapan anggaran tersebut.

“Bukan berarti dengan kami kawal itu ada sesuatu. Konsen, kalau memang ada pelanggaran, kalau dalam bentuk administrasi, bisa kita luluskan, tapi kalau bentuknya sudah ada niat jahat, penyimpangan yang berdampak pada pidana korupsi itu. Saya perintahkan Kasi Pidana Khusus (Pidsus) untuk menangani,”tegasnya.

Atas hal ini, pihaknya sesegera mungkin melakukan koordinasi dengan Bupati Sanggau untuk menawarkan pendampingan. Tentunya langkah ini, untuk meluruskan dan mencari solusi atas belum maksimalnya penyerapan anggaran tersebut.

“Yuk, kita pelototin sama–sama biar program pemerintah Pusat terkait penanganan Covid–19 ini dapat berjalan sebagaimana mestinya. Pemerintah daerah juga aman, nyaman melaksanakan kegiatan ini. Tapi infonya, Sanggau ini tergolong baik serapan nya, dibanding daerah–daerah lain. Mungkin karena belum maksimal saja,” tuturnya.

Editor : Antonius