Buka Penyuluhan Pastisipasi Politik di Bereng Berkawat, Wabup Sanggau Ingatkan Ini

Buka Penyuluhan Pastisipasi Politik di Bereng Berkawat, Wabup Sanggau Ingatkan Ini


POTO : Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.SI saat memberikan sambutan (Ist)

radarkalbar.com, SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si membuka penyuluhan pengembangan partisipasi politik masyarakat di Kabupaten Sanggau, Kamis (8/7/2021).

Kegiatan yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Sanggau ini, berlangsung di Desa Bereng Berkawat, Kecamatan Beduai.

Hadir saat itu, Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius, Camat Beduai Miko Martoyo, unsur Forkompimcam, perwakilan dari KPU dan Bawaslu, Kades Bereng Bekawat, Agus Rahmad dani serta para undangan lainnya.

Sementara, dari KPU dan Bawaslu Sanggau narasumber Agus Rahmaddani dengan peserta masyakat setempat.

Bupati Sanggau Yohanes Ontot berharap dengan kegiatan itu, pemahaman masyarakat tentang partisipasi politik terutama di Desa Bereng Bekawat ini lebih baik lagi.

“Terhadap bagaimana mereka lebih memahami untuk memberikan hak pilihnya, baik dalam kontestasi pemilihan presiden dan wakil presiden, pemilihan gubernur dan wakil gubenur, serta pemilihan bupati dan wakil bupati,” ungkapnya.

Menurut Ontot, jika melihat di data yang sudah ada, tingkat partisipasi politik di masyarakat menurun.

“Nah, ini yang perlu kita cari tahu apakah masyarakat ini pada dasarnya memang belum paham terkait dengan seharusnya mereka memberikan hak pilihnya ketika pada waktunya di adakan kontestasi politik,” ungkapnya.

Tentu dengan adanya penyuluhan partisipasi politik ini, lanjut Ontot masyarakat lebih memahami lagi tentang hak dan kewajiban mereka dalam memberikan hak pilihnya.

“Kita berharap dengan adanya narasumber dari KPU dan Bawaslu ini untuk dapat menjelaskan kepada masyarakat agar mereka lebih memahami tentang hak dan kewajiban dia sebagai warga negara untuk memberikan hak pilih dan hak untuk dipilih. Harapan kita juga mereka tentu menjadi corong untuk menjelaskan kepada masyarakat yang lain, baik tetangganya dan keluarganya agar lebih berpartisipasi dalam hal pemberian hak suara,”paparnya.

Sementara, kesempatan yang sama Plt. Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Sanggau Antonius mengatakan pihaknya ingin nanti kedepan terutama dalam kegiatan pemilu di tahun 2024 mendatang agar masyarakat bisa lebih berpartisipasi dalam hal pemberian suara.

“Karena tadi sudah disampaikan bahwa dari kegiatan pemilu yang sudah-sudah ternyata belum memenuhi harapan kita. Dan kita ingin tingkat partisipasi ataupun tingkat kesadaran mereka (masyarakat) bisa lebih maksimal. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan kita ini harapannya agar masyarakat lebih tergugah hatinya untuk ikut bertanggungjawab dalam memberikan dan menentukan yang menjadi seorang pemimpin yang sesuai dengan hati nurani mereka,”ungkapnya.

Pewarta/sumber : Diskominfo/Alfian.