Redaksi Kegiatan Sosialisasi Audisi Duta GenRe Kabupaten Sanggau Tahun 2021

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Generasi Berencana atau yang akrab dikenal masyarakat sebagai GenRe melaksanakan Kegiatan Sosialisasi Audisi Duta GenRe Kabupaten Sanggau. Kegiatan dilaksanakan oleh pengurus GenRe Kabupaten Sanggau selaku panitia dan juga Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DINSOSP3AKB) yang telah memfasilitasi kegiatan, bertempat di Aula Hotel Emerald Sanggau, Kamis (24/6/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Drs. Aloysius Yanto, M.Si, sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Selain itu, hadir juga Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Kesejahteraan Keluarga beserta Kepala Seksi Pemberdayaan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera yang ikut memberikan arahan dan motivasi kepada para peserta sosialisasi melalui Bincang Interaktif (Talkshow).

Tak hanya itu, kegiatan sosialisasi ini juga dihadiri oleh Ketua Generasi Berencana (GenRe) Kalimantan Barat dan Duta GenRe Indonesia  yang juga ikut menyapa langsung para peserta dari 15 PIK-Remaja Lokus Pro PN yang berasal dari sekolah di berbagai kecamatan yang ada di Kabupaten Sanggau.

Sebagaimana disampaikan oleh Penanggung Jawab kegiatan yaitu Kasi Pemberdayaan dan Peningkatan Keluarga Sejahtera, Dini Hari Purnami, S. KM, dalam laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan minat para remaja GenRe untuk menjadi Duta GenRe Kabupaten Sanggau selanjutnya melalui audisi yang akan segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

”Selain itu, tujuan diadakannya sosialisasi yang tak hanya dihadiri oleh para remaja namun juga Guru BK dari masing-masing sekolah PIK-Remaja adalah agar guru juga dapat membina para muridnya yang akan maju dalam Audisi Duta GenRe Kabupaten Sanggau tahun 2021 nanti,” jelas Dini Hari Purnami.

Lebih lanjut Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Drs. Aloysius Yanto, M.Si menyampaikan dalam sambutannya bahwa DINSOSP3AKB selaku Dinas yang menaungi program Generasi Berencana siap memberikan dukungan sepenuhnya terhadap pelaksanaan kegiatan Audisi Duta GenRe Sanggau tahun 2021 juga terhadap program-program GenRe lainnya.

“Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Kabid Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana dan Kesejahteraan Keluarga, Akhirul Ramadhan, S.Kep., Ns, bahwa hadirnya Duta GenRe ini sangat membantu dan membawa pengaruh besar dalam keberhasilan program-program pemerintah seperti pencegahan seks bebas, pernikahan dini dan NAPZA di kalangan remaja khususnya remaja Kabupaten Sanggau,” kata Kepala DINSOSP3AKB Kabupaten Sanggau, Aloysius Yanto.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua GenRe Kalimantan Barat, Fahrizi Athala Kurniawan pun menyampaikan harapannya agar remaja Sanggau dapat terus berprestasi dan mengukir sejarah hingga ke kancah nasional.

“Melalui hadirnya Audisi Duta GenRe ini diharapkan dapat menjadi jalam pembuka bagi seluruh remaja Kabupaten Sanggau untuk berani unjuk kemampuan diri dalam membawa nama baik Sanggau tercinta,” harapnya.

Sebagai penutup Duta GenRe Indonesia, Nurul Oktaviani yang merupakan remaja berprestasi Kalimantan Barat yang berasal dari Kabupaten Melawi ini menyampaikan sepatah kata yang sangat menggugah para peserta sosialisasi. Dengan lekuk senyum manisnya, ia berkata “Ayah, bunda, dan teman-teman yang saya cintai, kita hidup hanya sekali, maka jadilah berarti.”