Bupati Sanggau Dampingi Danrem 121/ABW Untuk Meninjau Pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 Di Kabupaten Sanggau

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, S.IP, M.Si menyambut kedatangan Komandan Korem 121/ABW, Brigjen Ronny dalam rangka peninjauan pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 di Kabupaten Sanggau, Kamis (3/6/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Forkompimda Kabupaten Sanggau, Plt. Dinkes Kabupaten Sanggau, Ginting dan para tamu undangan lainnya.

Usai peninjauan, Komandan Korem 121/ABW, Brigjen Ronny ketika diwawancarai menyampaikan dirinya sengaja datang untuk melakukan peninjauan pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 untuk penangan Covid-19 di Kabupaten Sanggau.

“Saya apresiasi sekali karena dari Pemerintah Kabupaten Sanggau dengan cepat dan tanggap untuk memfasilitasi sarana Laboratorium PCR/BSL 2. Untuk di Kalbar ini yang pertama kali dan saya kira ini akan menjadi contoh pilot projek bagi Kabupaten/Kota yang lain. Karena pengangkutan hasil tes Swab yaitu virus yang diambil melalui hidung baik itu antigen dan antibodi apabila dibawa ke Pontianak melalui darat itu rawan terkontaminasi udaranya. Sehingga membahayakan penyebaran virus itu lebih luas dan juga membahayakan masyarakat karena diangkut melalui angkutan umum,” jelas Komandan Korem 121/ABW, Brigjen Ronny.

Oleh karena itu, lanjut dikatakan Komandan Korem 121/ABW, Brigjen Ronny, dengan adanya Laboratorium PCR/BSL 2 di Kabupaten Sanggau untuk dapat mendeteksi awal dari virus Covid-19 ini.

“Sehingga dengan adanya Laboratorium PCR/BSL 2 ini sangat bermanfaat dan tidak perlu lagi kita ke Pontianak untuk ada BSL 2 ini, tetapi cukup disini untuk mencegah kerawanan virus Covid-19 tersebut. Di Kabupaten Sanggau ini sudah ada dua mobile PCR yang satu di Entikong untuk mengantisipasi PMI yang ada disana, kemudian ada di Dinkes Kabupaten Sanggau dan ditambah lagi ada BSL 2 yang ada disini maka itu sangat optimal untuk penanganan Covid-19,” ujarnya.

Komandan Korem 121/ABW, Brigjen Ronny sangat apresiasi serta menyambut baik pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 di Kabupaten Sanggau bisa terlaksana sebagai contoh untuk Kabupaten/Kota lainnya.

“Saat kita melakukan peninjauan memang masih ada peralatan dan sarana yang harus dipenuhi sesuai dengan standar dari WHO maupun standar yang ditentukan sesuai dengan surat edaran Menteri Kesehatan tentang Laboratorium yang memenuhi standar sehingga memasuki rujukan nasional. Saya rasa itu akan dilengkapi karena dari Pemerintah Kabupaten Sanggau sudah menganggarkan untuk itu, saya berharap Kabupaten Sanggau dapat menjadi contoh bagi penanganan Covid-19 khususnya pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 bagi Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar ini. Terkait Laboratorium PCR/BSL 2 di Kalbar baru ada di Untan, oleh karena itu ada satu di Kabupaten Sanggau ini kita sambut dan menjadi motor pilot project bagi pembangunan Laboratorium PCR/BSL 2 wilayah Kalbar,” ucapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Sanggau Paolus Hadi menyampaikan bahwa ketika kita diberi peluang untuk bisa menyiapkan fasilitas untuk bisa masuk Laboratorium PCR/BSL 2 di Kabupaten Sanggau.

“Dirinya bersama Bapak Pangdam dan tentunya Bapak Danrem 121/ABW dan juga Bapak Gubernur mendorong kami semua untuk supaya cepat dan puji Tuhan Kabupaten Sanggau saya sambut dan kita dukung juga untuk penyediaan sarana ini yang merupakan sarana awal termasuk tempat Laboratorium ini. Nah, hari ini bersama Bapak Danrem 121/ABW untuk meninjaunya, secara khusus sebenarnya juga sudah ditinjau oleh Kementerian Kesehatan dan tadi yang kita lihat ada beberapa tulisan itu adalah petunjuk yang harus kami lengkapi lagi,” ujar Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Lanjut Bupati Sanggau bahwa ketika ini sudah siap tentu melalui Bapak Pangdam XII/Tpr dan Bapak Danrem 121/ABW kita akan mendapat dukungan itu.

“Dan sepertinya Sanggau sudah dipastikan dan kami juga sudah melaporkan kepada Bapak Gubernur dan beliau sangat berterimakasih bahwa Kabupaten Sanggau bisa siap. Harapan kami untuk pemerintah kita terutama pemerintah pusat juga terus mendorong dan mendukung Kabupaten/Kota lainnya. Seperti yang disampaikan Bapak Danrem 121/ABW tadi bahwa kita masih mengandalkan Laboratorium PCR/BSL 2 di Untan dan apabila sudah ada di Kabupaten Sanggau maka ini sebenarnya untuk pelayanan diseluruh Kalbar. Tentunya kita juga ada dukungan dua mobile PCR tadi yang satu kita dibantu oleh pemerintah pusat diperbatasan dan yang satunya milik kita Mobile PCRnya dan hari ini kita serius menangani Covid-19 di Kabupaten Sanggau supaya penyebaran di kita bisa terdeteksi awal dengan adanya Laboratorium PCR/BSL 2 ini,” tuturnya.

Penulis         : Alfian