Resmikan Gedung Yayasan Bakti Suci Tayan Hilir, Ini Pesan Yohanes Ontot

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M. Si Meresmikan Gedung Yayasan Bakti Suci di Kecamatan Tayan Hilir Kabupaten Sanggau pada Minggu pagi (21/03/2021)

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau Risma Aminin S.IP M.Si, Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot, Camat Tayan Hilir beserta jajaran forkopimcam, Ketua MABT Kabupaten Sanggau, Aldi dan tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, ketua panitia pembangunan Yayasan Bakti Suci Tayan Hilir, Ayut menyampaikan bahwa pembangunan gedung ini menghabiskan biaya sekitar 1,2 M lebih yang bersumber dari swadaya masyarakat dan anggota.

Kemudian Ayut menyampaikan bahwa Yayasan ini didirikan bukan hanya untuk warga Tionghoa tetapi terbuka untuk suku manapun yang ingin bergabung dan akan digunakan untuk peningkatan mutu pendidikan khususnya kursus bahasa asing.

“Gedung ini kita habiskan sekitar Rp. 1.239.021.000 yang sumber dananya diperoleh dari swadaya masyarakat dan iuran anggota. Tentunya Yayasan ini kita dirikan bukan hanya untuk kalangan Tionghoa tetapi sifatnya multietnis. Jika ada suku/agama lain ingin bergabung menjadi anggota tentu kita layani sama rata”, tutur Ayut.

“Gedung Yayasan Bakti Suci ini juga akan diperuntukan untuk pendidikan anak-anak bahkan tidak menutup kemungkinan akan diurus untuk PAUD-nya serta untuk kursus bahasa Inggris, Mandarin dan Jepang merupakan prioritas utama bagi kami. Semoga Pemerintah Daerah memperhatikan dan memberikan support bagi Yayasan ini sehingga kami dapat berbuat lebih banyak untuk masyarakat Sanggau khususnya Tayan Hilir di tempat ini”, tutur Ketua Pembangunan Yayasan Bahti Suci Tayan Hilir.

Kemudian dalam sambutannya Yohanes Ontot menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada masyarakat Tionghoa yang ada di Tayan Hilir karena mampu secara swadaya masyarakat dan anggota untuk mendirikan bangunan yayasan yang menelan biaya cukup besar.

“Saya sangat mengapresiasi terkait kegiatan hari ini dimana impian masyarakat Tionghoa khususnya di Tayan Hilir ini akhirnya terwujud. Tadi saya dengar dari hasil swadaya masyrakat Tionghoa dan anggota yang terkumpul sehingga dapat mendirikan gedung yayasan Bakti Suci ini. Ini merupakan suatu perwujudan rasa kebersamaan, kekompakan dan solidaritas yang nyata sehingga akhirnya gedung ini dapat diresmikan”, tutur Wakil Bupati Sanggau.

Selanjutnya Wakil Bupati Sanggau mengharapkan penggunaan bangunan ini dapat menjadi bangunan sosial yang dapat difungsikan bagi peningkatan budaya, pendidikan bahkan dapat dijadikan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Sanggau khususnya di Kecamatan Tayan Hilir.

“Tentu gedung ini merupakan gedung yang diperuntukan guna kepentingan sosial, untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan pelayanan sosial rumah duka, serta dapat digunakan juga untuk tempat bermusyawarah bahkan dapat digunakan untuk bidang pendidikan seperti kursus bahasa inggris, mandarin dan jepang serta dapat dijadikan destinasi wisata yang ada di wilayah kabupaten sanggau khususnya di Kecamatan Tayan Hilir ini”, ujarnya.

Selanjutnya dilakukan pemotongan pita oleh ketua GOW Kabupaten Sanggau yang secara simbolis mulai dipergunakannya gedung Yayasan Bakti Suci Tayan Hilir kemudian Wakil Bupati melakukan peninjauan di sekitar lingkungan gedung tersebut dan diakhiri dengan foto bersama.