ISKA Kalimantan Barat Dikukuhkan di Sanggau

ISKA Kalimantan Barat Dikukuhkan di Sanggau


SANGGAU, RUAI.TV – Ikatan Sarjana Katolik (ISKA) Kalimantan Barat bersama pengurus di tiga kabupaten, menjalani pengukuhan di Wisma Laverna, Kabupaten Sanggau, Sabtu (27/02/2021).

Mereka diharapkan memberi kontribusi bagi perkembangan gereja dan negara sesuai potensi masing-masing.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) ISKA Kalimantan Barat yang diketuai Agustinus Clarus, dikukuhkan bersama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Sanggau, Sekadau, dan Ketapang. Untuk DPC lain di Kalimantan Barat, menanti proses penyegaran pengurus.

Bupati Sanggau, Paolus Hadi, mengatakan, tugas penting yang harus diemban ISKA yakni memastikan kekuatan para Sarjana Katolik untuk bisa berperan membangun negara.

“ISKA konsisten dari dulu mengenai Pancasila sebagai satu-satunya ideologi negara. Nah, sekarang harus terus memastikan para Sarjana Katolik ini memberikan manfaat bagi Sanggau khususnya dan Kalimantan Barat umumnya,” kata Paolus Hadi.

Ketua DPD ISKA Kalimantan Barat, Agustinus Clarus, mengatakan, tantangan saat ini berupa meningkatkan kembali soliditas organisasi yang sempat berkurang.

“Maka harus segera melakukan penyegaran kepengurusan, beberapa kabupaten belum menyelesaikannya,” kata Agus.

Ketua DPC ISKA Sanggau, Susana Herpena, mengatakan, program utama mereka yakni mendata jumlah Sarjana Katolik yang ada di kabupaten itu. Kemudian, menyusun kegiatan yang sesuai dengan latar keahlian masing-masing, sehingga bisa berkontribusi terhadap gereja dan negara.

“Skala prioritas kami membina sumber daya manusia agar bisa bekerja sama dengan Pemda, membuka lapangan pekerjaan, dan kami akan mencoba menyusun perencannnya,” kata Susana. (BOB/SVE)