Terima Kunjungan Kaji Tiru Diskominfo Kabupaten Landak, Kadis Kominfo Sanggau Kenalkan Aplikasi ePHYO

SANGGAU – Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau Joni Irwanto, S.IP menerima Kunjungan Tim  dari Diskominfo Kabupaten Landak Terkait Kaji Tiru Penerapan Aplikasi TPP ASN (e-PHYO) di Ruang Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sanggau pada Kamis pagi (25/02/2021).

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Landak Drs. Bambang Triyogo, Kabid TIK Kominfo Landak Damianus S. ST, Kabid e-Gov Kominfo Sanggau Firman Firdal, S.Kom.,M.Cs, Kepala Seksi Pengembangan dan Pengelolaan Data dan Publikasi Sari Ariani, S.Kom, Kasi Layanan E- Governtmen Herman Sutoyo, S.Sos dan beberapa orang staff dari Diskominfo Kab. Landak dan Diskominfo Sanggau

Dalam kesempatan tersebut Kadis Kominfo Sanggau menjelaskan secara umum langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Kominfo Sanggau baik dalam tahap persiapan dari regulasi, infrastruktur jaringan, aplikasi, database maupun saat penerapan TPP ASN (e-PHYO) di Kabupaten Sanggau.

“Tentu kita masih terus melakukan evaluasi sampai saat ini. Tapi, dalam penerapannya saya rasa sudah baik dan tentu adanya beberapa kendala kita carikan jalan keluar dan solusinya”, tutur kadis Kominfo Sanggau.

“Secara umum tentu kita tidak dapat bekerja sendiri, kita harus mampu berkolaborasi dengan beberapa dinas/badan terkait lain seperti BKPSDM, bidang Organisasi Setda, bidang Tata Pemerintah, dan lainnya. Secara tekhnis memang tugas Dinas Kominfo tentu berada di persiapan hal-hal yang berkaitan dengan TIK, menyiapkan infrastruktur jaringan, server, database, sampai ke aplikasi”, tutur Kadis Kominfo Sanggau.

Selanjutnya Kabid egov Dinas Kominfo juga menjelaskan terkait teknis persiapan, mulai dari komposisi orang dalam tim yang mempersiapkan ada beberapa orang, yang menangani aplikasi maupun jaringan serta kendala-kendala yang dihadapi saat penerapannya. Contoh kendala yang dihadapi salah satunya adalah ketersediaan jaringan internet khususnya di tingkat Kecamatan di wilayah Kabupaten Sanggau.

“Dalam proses perancangan aplikasi ini (e-PHYO) melibatkan tim TIK diskominfo yang terdiri dari programmer, database administrator dan Network spesialis. Tantangan yang kita hadapi adalah terkait dengan beberapa Kecamatan yang belum dilewati oleh jalur internet broadband fiber optik, sehingga perlu disediakan modem GSM provider terdekat”, ungkap Kabid e-Gov Kominfo Sanggau.

Selanjutnya Kabid e-Gov menjelaskan secara umun cara kerja aplikasi TPP ASN (e-PHYO) yang telah diterapkan di kabupaten sanggau, cara kerja aplikasi dari proses login, cara aplikasi mengolah data berdasarkan regulasi yang terkait hingga proses pelaporan atau rekap data yang menjadi hasil output dari aplikasi e-PHYO tersebut.

Setelah itu dilanjutkan dengan proses tanya jawab dan dilakukan foto bersama kemudian sebelum Tim Kaji Tiru dari Kominfo Kabupaten Landak meninggalkan lokasi, mereka melakukan observasi ke alat mesin absensi yang digunakan di Dinas Kominfo Sanggau serta melakukan tinjauan di ruang server Dinas Kominfo Sanggau.