Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau Raih Peringkat ke-3 Hasil Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2020

Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau Raih Peringkat ke-3 Hasil Penilaian Kepatuhan Terhadap Standar Pelayanan Publik Tahun 2020


Berdasarkan Surat Edaran Bupati Sanggau Nomor 065/510/OR-B tanggal 8 Februari 2021 mengenai hasil penilaian kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik yang dilaksanakan oleh Tim Penilai Kabupaten Sanggau yang diketuai oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau pada Bulan Juli s/d Agustus 2020. Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau memperoleh Nilai 97,00 dan menempati peringkat ke-3 dari 29 Perangkat Daerah yang masuk dalam Zona Hijau (tingkat kepatuhan tinggi) dari keseluruhan total 43 Perangkat Daerah yang dinilai. Secara umum hasil penilaian menunjukkan kualitas pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya.

Hasil ini diperoleh dari Variabel  dan Indikator penilaian kepatuhan yang memiliki bobot berbeda tiap komponennya.

Variabel penilaian tersebut terdiri :

1. Standar Pelayanan

2. Maklumat Pelayanan

3. Sistem Informasi Pelayanan Publik

4. Sarana dan Prasarana/Fasilitas

5. Pelayanan Khusus

6. Pengelolaan Pengaduan

7. Penilaian Kinerja

8. Visi, Misi dan Motto Pelayanan

9. Atribut

Di tahun 2021 Ombudsman RI Perwakilan Kalimantan Barat akan melaksanakan penilaian kembali terhadap kepatuhan standar pelayanan publik dengan mekanisme pelaksanaan monitoring, pembinaan dan penilaian kepatuhan terlebih dahulu yang akan dipimpin langsung oleh Sekretaris daerah yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Maret s/d April 2021.

Diharapkan kedepannya Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Sanggau agar dapat mempertahankan dan meningkatkan pelayanan/penerapan pelayanannya sehingga menjadi prima untuk tetap berada pada Zona Hijau (tingkat kepatuhan tinggi).


DPP