FGD POKDARWIS WISATA BUDAYA KABANA

FGD POKDARWIS KABANA – DISPORAPAR


DISPORAPAR Sanggau, Bidang Pariwisata – Kawasan Istana Surya Negara yang beberapa waktu lalu dibuka kembali setelah dilakukan penataan, memberikan angin segar bagi dunia wisata di kota Sanggau. Hal ini terlihat dari tingginya animo masyarakat yang berkunjung ke kawasan tersebut. Kehidupan perekonomian masyarakat sekitarpun ikut terangkat seiring dengan berkembangnya kawasan tersebut. Selain hal positif diatas terdapat permasalahan-permasalahan yang mencuat diantaranya terkait ketertiban umum, kebersihan, keamanan dan sebagainya, sehingga diperlukan suatu lembaga/organisasi yang mengelola.

Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata berinisiatif untuk mengaktifkan kembali kelompok sadar wisata (Pokdarwis) KABANA, sebagai pengelola Kawasan Istana Surya Negara. Langkah awal yang diambil adalah menyelenggarakan kegiatan FGD di Keraton Surya Negara.

Kegiatan FGD ini difasilitasi oleh Pangeran Ratu Surya Negara, dengan mengundang Ketua dan Anggota Pokdarwis KABANA, Dinas KOMINFO, Dinas Perhubungan, Dinas Perindagkop, BAPPEDA, Kapolsek Kapuas, Danramil, MABM Kabupaten Sanggau, MABM Kapuas, Tokoh Masyarakat kawasan Istana Surya Negara, dan Pemuda Kantu (PeKan).

Hasil dari FGD ini ialah:

  1. Sepakat untuk merestrukturisasi kepengurusan Pokdarwis KABANA.
  2. Proses restrukturisasi akan difasilitasi oleh Camat Kapuas, karena melibatkan 2 (dua) Kelurahan yaitu kelurahan Tanjung Sekayam dan kelurahan Ilirkota.
  3. Dalam kepengurusan Pokdarwis yang baru nanti agar diisi oleh kaum muda dari dua kelurahan tersebut diatas.