Wakil Bupati Sanggau Resmikan Gereja Katolik Stasi Maja Permai Paroki Kuala Dua

SANGGAU- Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si,  menghadiri peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Maria Asumta Stasi Maja Permai, Dusun Maja Permai Desa Kelompu Paroki Kuala Dua, Kecamatan Kembayan Kabupaten Sanggau, Minggu pagi (7/2/2021).

Rombongan Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, Mgr Yulius Mencucini disambut dengan upacara adat serta tarian daerah oleh masyarakat setempat.

Hadir pada kegiatan peresmian, Camat Kembayan Inosensius Nono anggota DPRD Sanggau, Yuvenalis Krismono,  Asisten Pemerintahan Hukum dan HAM Setda Yakobus, Kasat Pol PP Victorianus, Plt Kadis Hanpang Hortikulturikan Kubin, Para Pastor Para Suster, Tokoh Masyarakat, Para umat dan tamu undangan lainnya.

Peresmian ditandai dengan pembukaan tirai nama gereja oleh Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dan pengguntingan pita oleh Ketua GOW Kabupaten Sanggau Ny. Yohana Kusbariah Ontot dan selanjutnya dilaksanakan penandatanganan prasasti oleh Wakil Bupati Sanggau dan Uskup Sanggau, serta kemudian dilaksanakan pemberkatan luar dan dalam gereja dilakukan oleh Uskup Sanggau.

Ketua pembangunan Gereja  Katolik Maria Asumta Stasi Maja Permai Antonius Hatta melaporkan bahwa pembangunan gereja dimulai sejak  27 Juni 2018 dengan luas bangun 21× 8 meter persegi dengan menelan biaya sebesar Rp. 285.472.000.

Adapun sumber biaya tersebut dihimpun dari donasi umat Stasi Maja permai, dana hibah pemerintah daerah Kabupaten Sanggau, bantuan dari pemerintah Desa Kelompu, bantuan dana dari Paroki Kuala Dua, bantuan dari umat Stasi Kelompu dan para Donatur.

Uskup Sanggau Mgr. Yulius Mencuccini, CP dalam sambutannya mengatakan, gereja ini merupakan gereja yang ke 992 diberkatinya semenjak menjadi Uskup Sanggau, Gereja ini dibangun atas dasar iman dan bukti cinta umat kepada Allah penciptanya, oleh karena itu berkumpulah dan berdoalah maka Tuhan hadir. Ujarnya.

Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa pemerintah daerah bersama para pemimpin agama yang ada, terus melakukan pembinaan kepada setiap umat beragama yang ada di Kabupaten Sanggau dalam mewujudkan Sanggau Budiman (Berbudaya dan Beriman).

Untuk mendorong hal itu, pemerintah daerah telah menganggarkan untuk bantuan kepada umat dalam pembangunan sarana ibadahnya, namun swadaya masyarakat/umat sangatlah diperlukan sebagai bukti kesungguhan dan kekompakan umat tersebut.

Dalam kesempatan ini, Wakil Bupati Sanggau berharap agar orang tua semangat menyekolahkan anaknya, mempersiapkan masa depan mereka agar lebih baik, berguna dan menjadi kebanggaan bagi keluarga, daerah maupun bangsa.

Peresmian Gereja Katolik Stasi Maja Permai hari ini, tentu mengikuti prokes Pemerintah, mari kita tetap mematuhi prokes dan jangan bosan-bosan menggunakan masker, mencuci tangan, dan jaga jarak demi kesehatan kita bersama. “ujarnya.

Terkait gereja yang sudah diresmikan, kepada umat peliharalah dan jaga kebersihan bangunan tersebut, rajinlah berdoa dan manfaatkan dengan kegiatan-kegiatan kerohanian, selamat kepada umat Stasi Maja semoga iman masyarakat semakin bertumbuh.