Categories: Detik Satu

Marten Luter Beserta DKP Provinsi Kalbar Serahkan Bantuan Kepada Poklahsar di Sanggau


Sanggau,Detiksatu.com 

Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kalimantan Barat di dampingi oleh Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Marten Luter menyerahkan bantuan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan Kabupaten Sanggau.

Bantuan yang di serahkan tersebut berupa Cool Box Ikan, Freezer, dan mesin penggiling ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) Hasil Perikanan Jumat 4 Desember 2020.

Hadir dalam penyerahan itu, Anggota DPRD Sanggau, Susana Herpena, Kabid Perikanan, Dishangpang Hortikan Sanggau, Butet Karolina Barus, dan Para Poklahsar di Sanggau

Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Produk Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Barat, Muhammad Jauhari menyampaikan bahwa kami ditugaskan oleh Kepala Dinas DKP Provinsi Kalimantan Barat untuk melakukan penyerahan bantuan hibah sarana pengolahan dan pemasaran ikan untuk Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kabupaten Sanggau.

“Hibahnya dalam bentuk Freezer 4 unit, Cool Box Ikan 36 unit, dan 2 penggiling daging. Ini sumbernya dari anggaran APBD Provinsi Kalbar, Ini dimanfaatkan untuk para pengolah dan pemasaran,”katanya, Jumat 4 Desember 2020.

Dirinya menambahkan yang menerima bantuan hibah ini adalah kelompok dan harus diusulkan melalui rekomendasi dari Dinas Perikanan di Kabupaten.

 “Sudah jelas kelompok ini memang sudah punya usaha di bidang pemasaran dan pengolahan,”jelasnya.

Muhamad Jauhari, berharap dengan adanya bantuan ini kualitas ikan yang dipasarkan lebih meningkat, Sehingga nanti tujuan akhirnya nilai harganya juga bisa meningkat.

“Karena ini bukan saja untuk menyimpan ikan segar, juga menyimpan olahan. Bentuknya seperti ikan yang digiling untuk bakso ikan, kemudian juga untuk bikin nugget, dan abon,”tuturnya.

Selain itu juga, diharapkan kelompok ini bisa mendorong kelompok-kelompok yang lain untuk bersama-sama meningkatkan produksi pengolahan maupun mutunya. “Sehingga nanti masyarakat bisa aman mengkonsumsinya, sehat dan higienis,”harapnya.

Ditempat yang sama Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Barat, Marten Luter mengatakan diserahkan bantuan berupa Cool Box, Freezer dan mesin penggiling ikan kepada Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar) di Kabupaten Sanggau.

“Harapan kita agar masyarakat atau para penampung dan pengolah ikan ini bisa lebih baik lagi kedepan dan bisa berkembang. Dengan adanya bantuan ini juga dapat meningkatkan penghasilan ekonomi mereka,”ujarnya.

Politisi PKPI itu menambahkan bahwa bantuan ini bersumber dari APBD Provinsi Kalbar dan melalui aspirasi dirinya. “Yang mana melalui aspirasi inilah kita bisa memberi bantuan kepada masyarakat,”ujarnya. (Kornelis)


Bagikan

Berita Terbaru

  • Radar Kalbar

Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung Sita Aset Terdakwa Tindak Pidana Perpajakan – Radar Kalbar

FOTO : Tim Kejari Sanggau dan Tim Pidsus BPA Kejagung saat mengeksekusi aset terdakwa JP pada beberapa lokasi (dok Kejari Sanggau)SANGGAU – radarkalbar.comKEJAKSAAN Negeri (Kejari) Sanggau melaksanakan eksekusi atas putusan Pengadilan Negeri (PN) Sanggau terhadap…

4 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

7 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

7 jam lalu