Bappeda Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Rapat Laporan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020.

Bappeda Kabupaten Sanggau menyelenggarakan Rapat Laporan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020.


Bappeda menyelenggarakan Rapat Laporan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada hari Jumat, tanggal 13 November 2020 bertempat di Ruang Rapat Lantai II Bappeda Kab. Sanggau. Kegiatan dihadiri oleh Kepala, Sekretaris, para Kabid dan Kasubbid di Lingkungan Bappeda Kab. Sanggau serta perwakilan Perangkat Daerah Pengelola DAK dan TP Kabupaten Sanggau Tahun 2020

Acara dimulai dengan pembukaan dari Sekretaris Bappeda Kab. Sanggau Shopiar Juliansyah, SE, MM. Dalam Sambutannya Sekretaris Bappeda Kab. Sanggau mengucapkan terima kasih atas kehadiran seluruh peserta rapat. Beberapa hal lain yang disampaikan yaitu :

  • Pelaksanaan Rapat Laporan Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020 dimaksudkan untuk mengetahui progres keuangan dan fisik per 12 November 2020.
  • Untuk mengetahui segala kendala yang dihadapi dalam Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020.

Sebelum memberikan paparan mengenai Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Triwulan III Kabupaten Sanggau Tahun 2020, Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau Ir. Yulia Theresia mengucapkan terima kasih bagi Perangkat Daerah Pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan APBN (Tugas Pembantuan) Kabupaten Sanggau Tahun 2020 yang telah hadir.

Setelah paparan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Sanggau rapat dilanjutkan dengan paparan oleh setiap perangkat daerah. Diawali dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, dalam paparannya menybutkan bahwa :

  • Tidak ada permasalahan dalam pelaksanaan DAK Fisik Dinas Kesehatan hingga 12 November 2020.
  • Serapan keuangan diperkirakan sudah mencapai 70%.
  • Pembangunan Rumah Dinas sudah mencapai 100%, baik pelaksanaan fisik maupun serapan keuangannya.
  • Belanja e-katalog berjalan dengan baik.
  • Pembangunan RSUD M.th Djaman melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020, yaitu : pembangunan gedung operasi terpadu, progres pelaksanaan fisik sudah mencapai 49,46%; laboratorium terpadu; gedung instalasi kelistrikan.

Paparan oleh Dinas Perumahan, Cipta Karya, Tata Ruang dan Pertanahan Kabupaten Sanggau, menyatakan bahwa :

  • Paparan Kepala Bappeda mengenai pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 khususnya DAK pada DInas PCKTRP, sangat sesuai.
  • Serapan Fisik untuk pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada dinas PCKTRP sudah mencapai 70%.
  • Tidak ada permasalahan atau kendala mengenai pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 Dinas PCKTRP, diyakini progres pelaksanaan fisik mencapai 100% pada 30 November 2020.
  • Untuk rehabilitasi rumah, Dana disalurkan oleh BPKAD Kab. Sanggau, DInas PCKTRP Kab. Sanggau berperan melakukan pendampingan bagi masyarakat dalam melaksanakan rehabilitasi rumah.
  • Tidak ada permasalahan dalam proses pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada Dinas PCKTRP. Proses saat ini yaitu melakukan kelengkapan dokumen guna proses pencairan selanjutnya.

Paparan oleh Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Kab. Sanggau, menyatakan bahwa :

  • Paparan hanya mengenai sumber air (irigasi).
  • Progres baik fisik maupun keuangan berjalan agak terlambat karena petunjuk mengenai DAK cadangan ada di bulan September 2020.
  • Pencairan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada Dinas KPTPHP dibagi menjadi 2 (dua) tahap yaitu 50% tahap pertama dan 50% tahap kedua.
  • Progres fisik pelaksanaan sudah mencapai 68,98% dan sudah masuk dalam pencairan tahap ke 2 (dua).
  • Tidak ada permasalahan mengenai pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 Dinas KPTPHP, dijadwalkan awal Desember 2020 progres baik fisik maupun keuangan mencapai 100%.

Paparan oleh Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, dibagi menjadi dua yaitu paparan oleh Bidang Sumber Daya Air, menyebutkan bahwa :

  • Seperti yang dipaparkan oleh Kepala Bappeda Kab. Sanggau, Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada Dinas BMSDA dibagi menjadi 2 (dua) yaitu Bidang Sumber Daya Air dan Bidang Jalan dan Jembatan.
  • Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 Bidang Irigasi dibagi dalam 3 (tiga) kontrak; Rehabilitasi jaringan irigasi D.I Menyak_pekerjaan fisik hampir 100%, pencairan keuangan mencapai 75%;

Rehabilitasi jaringan irigasi D.I Sematan_pekerjaan fisik sudah mencapai 74,38%, pencairan keuangan sudah 30%;

Rehabilitasi jaringan irigasi D.I Engkolai_pekerjaan fisik sudah mencapai 69,49%, pencairan keuangan mencapai 30%.

  • Kendala yang dihadapi yaitu cuaca dengan curah hujan yang tinggi, jika dilihat dari persentase progres fisik yang di atas rencana maka diperkirakan akhir November progres fisik mencapai 100%.

Paparan oleh Bidang Jalan dan Jembatan, menyebutkan bahwa :

  • Sesuai paparan Kepala Bappeda Kab. Sanggau DAK Bidang Jalan dan Jembatan masuk pada DAK Afirmasi Trasportasi Pedesaan.
  • Hanya terbagi dalam satu kontrak pembangunan fisik dan penunjangnya.
  • Peningkatan jalan Simpang Kuyak – Segumun, panjang jalan yang direncanakan 1,23 m, Lebar 4 m, pekerjaan hingga aspal HRS Base.
  • Progres pekerjaan hingga 8 November 2020 adalah 41,76 %, realisasi keuangan sebesar 20 %.
  • Hingga 13 November 2020 sudah masuk pada proses pengaspalan.

Paparan oleh Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana hanya memaparkan DAK Bidang Keluarga Berencana, menyatakan bahwa : pelaksanaan DAK Fisik Kabupaten Sanggau Tahun 2020 pada Dinas SOSP3AKB, khususnya Bidang Keluarga Berencana terlaksana dengan baik. Dengan realisasi fisik hingga November 2020 telah mencapai 100%.

Paparan oleh Dinas Perkebunan dan Peternakan mengenai Tugas Pembantuan (TP). Sesuai paparan Kepala Bappeda Kab. Sanggau serapan anggaran pelaksanaan TP pada Dinas Bunnak Kab. Sanggau per November 2020 adalah sebesar 99,38 % dengan realisasi fisik sebesar 100 %.