Sebanyak 40 Peserta, Pelatihan Barista Resmi di Buka

//Izar-Diskominfo Sanggau//

Sanggau, dilaksanakannya kegiatan pelatihan Barista di Kabupaten Sanggau yang secara resmi dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kab. Sanggau, Rizma Aminin, bertempat di aula hotel Garden Palace, Rabu 18 November 2020.

Hadir pada kegiatan tersebut Kadis Kominfo Kab. Sanggau, Joni Irwanto, Kadis Bunnak Kab. Sanggau, H. Syafriansyah, Owner Kopi Wak Somet Potianak selaku narasumber, Indra Vijaya, serta seluruh peserta pelatihan.

Saat ini kopi menjadi populer di kalangan remaja, khususnya di Kabupaten Sanggau. Tak heran banyak terlihat Warung Kopi/Coffee Shop di penuhi oleh berbagai status maupun usia. Dibalik kopi yang nikmat ada tangan seorang Barista yang meracik biji kopi sehingga dapat dinikmati oleh pengunjung Warung Kopi/Coffee Shop. Namun di Kab. Sanggau tak banyak Barista Kopi yang belum mendapatkan pelatihan, sehingga kopi yang di hasilkan benar-benar berkualitas.

Kali ini Disporapar Kab. Sanggau telah membuka pelatihan Barista bagi pelaku ekonomi kreatif di bidang kulinary terutama pemilik Warung Kopi/Coffee Shop yang ada di Kab. Sanggau. Sebanyak 40 peserta dari seluruh Kecamatan di Kab. Sanggau akan mendapatkan pelatihan dari narasumber yang di datangkan yaitu Owner Kopi Wak Somet Pontianak yang merupakan Barista Profesional.

Dalam sambutannya, Rizma Aminin berharap dengan dilaksanakannya pelatihan ini, para peserta dapat menambah keterampilan dan meningkatkan kualitas nya.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan untuk mendorong pemulihan kembali geliat ekonomi kreatif bidang kuliner yang selama ini sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19. Selain untuk menstimulasi pergerakan ekonomi masyarakat, kegiatan ini juga diharapkan seluruh peserta dapat menambah keterampilan pelaku usaha serta meningkatkan kualitas dan nilai jual produk.” Ujarnya.

Setelah itu Plt. Kadis Porapar menyerahkan bantuan mesin pembuat kopi kepada peserta secara simbolis.

Penulis: Izar