Wabup Sanggau Hadiri Giat Baksos Tagana dan RTLH Dompu 2020

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si hadir pada kegiatan Hari Bhakti Sosial Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan Rumah Tak Layak Huni (RTLH) Dompu tahun 2020. Wakil Bupati Sampaikan pada kesempatan tersebut dalam rangka kerjasama antara Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat bersama Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Sanggau yang mengerahkan kekuatan Tagana,” ucap Wabup Sanggau ketika diwawancarai, Selasa (27/10/2020).

“Tentu harapan kita dari kegiatan ini lebih mengasah kemampuan kerjasama, kebersamaan dari organisasi Tagana ini untuk mampu nanti menghadapi setiap persoalan terutama terkait dengan bencana alam dan bencana-bencana sejenisnya,” ujar Wabup, Yohanes Ontot.

Ia juga katakan yang sifatnya bencana juga bukan hanya bencana alam, bisa juga seperti kebakaran.

“Harapan kita Tagana dan organisasi Forum Keserasian Sosial ini bisa kita andalkan untuk daerah kita ini dalam hal penanganan bencana secara profesional. Selanjutnya terkait dengan bantuan-bantuan sosial lainnya seperti bedah rumah di dua kelurahan yang ada di Kecamatan Kapuas, yaitu Kelurahan Sungai Sengkuang dan Kelurahan Ilir Kota. Tentu ini sasaran yang paling utama adalah bagi mereka-mereka yang tidak mampu, sehingga kita dapat memperbaiki tempat tinggalnya. Oleh karena itu, pemerintah hadir disitu bagaimana paling tidak ada sentuhan dan kepedulian dari pemerintah, walaupun tidak secara menyeluruh. Akan tetapi kita akan bantu untuk mereka bisa tempati rumahnya dengan nyaman,” harapnya.

Wabup, Yohanes Ontot juga katakan terkait dengan hal lain yang dimana ada salah satu pegawai kita yang sudah lama sakit dan membutuhkan bantuan.

“Perlu disampaikan juga bahwa ada salah satu pegawai kita yang sudah lama sakit dan dia memang perlu bantuan, sehingga hari ini Mbak Nuri mendapat bantuan renovasi rumah dan sembako dari Pemerintah Provinsi Kalbar dan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat untuk mereka yang memang membutuhkannya untuk kehidupan mereka,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba ketika diwawancarai menyampaikan kegiatan tersebut dalam rangka bhakti sosial Tagana dirangkaikan dengan penyerahan bantuan program keserasian sosial di dua tempat yang dimana masing-masing mendapatkan 150 juta.

“Kemudian juga bedah rumah ada dua tempat yang dimana tadi bersama Pak Wakil Bupati sudah meninjau rumah tersebut dan memang rumahnya betul-betul memprihatinkan yang dimana rumah yang pertama di Kelurahan Sungai Sengkuang seorang nenek-nenek  berumur 68 tahun, suaminya sudah meninggal, anak dan cucu tidak ada bersama dia,” jelas Kepala Dinsosp3akb Provinsi Kalbar.

Ia juga sampaikan Kemudian yang di Kelurahan Ilir Kota ini seorang pensiunan Dinas Sosial dulunya Kanwil dan beliau sakit stroke.

“Beliau sangat senang saat kami kunjungi dan masih ingat teman-temannya dulu masih aktif di Dinas Sosial. Selain renovasi rumah juga kami bersama Pak Wakil Bupati dan Kepala Dinsosp3akb Kabupaten Sanggau sudah memberikan bantuan berupa sembako. Mudah-mudahan ini menjadi semangat kesetiakawanan sosial, memupuk kebersamaan yang dimana pada kondisi Covid-19 ini sangat bermanfaat bagi mereka dan kita juga libatkan Tagana untuk mengerjakan rumahnya,” ujarnya.

“Harapan kita kedepan bahwa Tagana ini menjadi perekat bangsa dalam memelihara kebhinekaan dan juga menjadi garda terdepan terkait kesejahteraan masyarakat,” sambungnya.

Penulis         : Alfian