Tahun 2021, Tukin ASN di Sanggau Mulai Diberlakukan

Tahun 2021, Tukin ASN di Sanggau Mulai Diberlakukan


POTO :  Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka (ist)

radarkalbar.com, SANGGAU – Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka mengungkapkan Pemkab Sanggau akan memberlakukan tunjangan kinerja (tukin) mulai tahun 2021 mendatang.

Namun, konsekwensinya bagi aparatur sipil negara (ASN) yang bolos dan tidak membuat laporan serta melalaikan prosedur yang ada di persyaratan mendapatkan tukin. Maka dipastikan hanya akan menerima gaji pokok dan tunjangan dasar.

“Presentasenya belum full lah. Mungkin dari idealnya 100 persen kami baru menyiapkan 40 – 50 persen. Ini masih bertahap, tapi hitungannya masih kami siapkan,”ungkap Kukuh.

Menurut Kukuh dengan diberlakukannya tukin bagi ASN, harapannya kinerja aparatur negara semakin baik dalam melayani masyarakat, dan tidak ada lagi yang nongkrong di warung kopi saat jam kerja.

“Konsekuensi tukin itu misalnya kalau kita terlambat pasti kena potong. Wajib membuat laporan kinerja dihitung perharian direkap per mingguan atau perbulanan. Nanti masing – masing ditunjuk siapa yang menilai. Misalnya saya yang menilai bisa Pak Bupati atau Pak Wakil Bupati. Saya menilai Asisten dan Inspektorat misalkan, nanti Asisten mengkoordinir beberapa Kepala SKPD. Nanti Kepala Dinas menilai ke bawahnya lagi secara berjenjang ya seperti itu,” paparnya.

Untuk besaran pendapatan ASN jika tukin ini diberlakukan, akan bervariasi, sesuai beban kerja.

“Tidak sama pendapatannya, sesuai beban kerja. Tetapi berdasarkan ketentuan Mendagri penerimaan tukin untuk tahun 2021 tidak boleh terlalu tinggi. Tapi tidak boleh lebih rendah dari tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya kita tidak melalui jalur tukin tapi jalur kesejahteraan atau KS. Kalau KS dulu kan jadi hak tapi tetap ada absen juga dan tidak seketat ini, kalau Tukin nanti harus ada berbentuk laporan,” ungkapnya.

Meskipun tukin akan diberlakukan tahun depan, Kukuh tak bisa menyembunyikan ke ragu – raguannya terkait kesiapan atau SDM.

“Mudah – mudahan SDM kita siap, meskipun saya agak sedikit ragu – ragu ini, yang siap berapa persen dan yang ndak siap berapa persen,” timpalnya.

 

 

 

 

Baca juga

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Abin.

Editor : Sery Tayan.