Terima Penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke Enam Kalinya, Bupati Sanggau: Masih Ada Catatan yang Harus Segera di Perbaiki

//Izar-Diskominfo Sanggau//

Sanggau, Pemerintah Kabupaten Sanggau di Bawah Kepemimpinan Paolus Hadi dan Yohanes Ontot kembali meraih WTP untuk ke enam kalinya dari Kementerian Keuangan RI. Penghargaan dan Tropy Lima kali WTP berturut turut diserahkan oleh Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Barat Edih Mulyadi, bertempat di Mes Pemda Sanggau, Rabu Malam, 7 Oktober 2020.

Hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sanggau Paolus Hadi, S.IP., M.Si., Wakil Bupati Sanggau Drs. Yohanes Ontot, M.Si., Sekretaris Daerah Kab. Sanggau Ir. Kukuh Triyatmaka, M.M., Kepala KPPN Sanggau Bulus Lumban Gaol, serta Kepala OPD Kab. Sanggau.

Saat di wawancarai Bupati Sanggau mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil sudah datang ke Kab. Sanggau dan ini merupakan tantangan bahwa setiap daerah itu wajib dalam pengelolaan keuangan nya itu Wajar Tanpa Pengecualian.

“Terima kasih karena secara khusus Bapak Kanwil datang ke Sanggau untuk menyerahkan trophy karena Sanggau mendapatkan berturut-turut 5 tahun dan juga tahun ini kita WTP, jadi ini tentu menjadi tantangan, dan kalau berbicara komitmen itu sebenarnya untuk daerah itu wajib pengelolaan keuangannya harusnya Wajar Tanpa Pengecualian dan tadi disampaikan ada catatannya yang juga harus kami perbaiki.”

Beliau juga menyampaikan bahwa ini merupakan sebuah prestasi berkat kerja tim Pemkab Sanggau yang di kendalikan bersama, namun masih ada catatan yang harus segera di perbaiki agar kedepannya lebih baik.

“Ini kerja tim pemerintah, Saya senang karena kita bisa menyelesaikan ini karena memang dari OPD tentu di kendalikan kita bersama sehingga ini bisa meraih WTP, komitmennya kita konsisten untuk perkembangan kebijakan, seperti yang disampaikan juga bahwa tahun depan kita punya laporan keuangan neraca secara nasional, kemudian tadi ada catatan yang diberikan kepada kami maka ini harus segera Kami perbaiki supaya lebih baik kedepannya.” Ujar Paolus Hadi.

Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Prov. Kalbar saat di wawancarai kami mengucapkan selamat kepada Pemkab Sanggau yang sudah meraih WTP Lima Kali berturut turut dan di tahun ini merupakan yang ke enam kalinya.

“Pertama saya ucapkan selamat kepada Kabupaten Sanggau yang secara berturut-turut minimal lima tahun mendapatkan predikat WTP dari BPK RI, untuk itu kami memberikan apresiasi bahkan tidak hanya semata-mata diberikan piagam tetapi ada penghargaan khusus dalam bentuk tropi yang diberikan kepada daerah yang minimal 5 tahun berturut-turut mendapatkan peringkat WTP.” Ujarnya.

Kemudian beliau juga menegaskan bawa ada beberapa catatan-catatan yang harus segera di perhatikan untuk Pemkab Sanggau.

“Ada beberapa hal walaupun sudah WTP ada beberapa catatan yang harus dapat perhatian dari kawan-kawan pemerintah Kabupaten Sanggau yaitu tentu hal yang sangat penting agar di kemudian hari catatan-catatan seperti itu akan hilang atau setidaknya semakin kecil.” Tegasnya.

Edih Mulayadi berpesan kepada Pemkab Sanggau untuk bisa mempertahankan prestasi ini.

“Terkait dengan prestasi yang sudah diraih ini terus dipertahankan, kemudian kita sekarang menuju pembuatan neraca Republik Indonesia yang akan mengkonsolidasikan semua laporan keuangan di tingkat daerah dan tingkat nasional dalam hal ini adalah KPP, jadi sekarang itu ada dua entitas laporan keuangan, pemerintah pusat dan laporan keuangan pemerintah daerah, ke depan tahun 2021 kita akan menyatukan kedua laporan itu menjadi laporan keuangan Republik Indonesia, bahan bakunya bagi daerah yang sudah WTP itu sudah bagus artinya tinggal beberapa hal yang juga memang masih prinsipil yang perlu kita lakukan yaitu melakukan atau membuat badan akun standar yang bisa diintegrasikan dengan badan akun standar yang dimiliki oleh pemerintah pusat.”

Penulis: Izar