Keuskupan Sanggau, Tiga Frater Ditahbiskan Menjadi Diakon


Sanggau, Telah berlangsung acara pentahbisan tiga orang Frater menjadi Diakon oleh Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini, CP pada Rabu (7/10/2020) pagi di gereja Paroki Katedral Keuskupan Sanggau.

Misa Tahbisan Diakon dan Perayaan Ekaristi berlangsung khidmat terlebih dalam acara tersebut dilaksanakan sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah atau oleh tim gugus tugas Kabupaten Sanggau.

Berikut ketiga Frater yang ditahbiskan menjadi Diakon diantaranya : Fr. Hiasintus Eko Pompang, Fr. Vincentius Meji dan Fr. Basianus Clinton, OFM. Cap.

Uskup Sanggau Mgr. Giulio Mencuccini,CP dalam homilinya, mengatakan bahwa panggilan menjadi Diakon adalah suatu rahasia yang tak terselami oleh pikiran manusia. Itu karena Tuhanlah yang memilih seseorang menjadi Diakon dan bukan atas kemauannya sendiri dengan mengandalkan kemampuan dan kepandaiannya.

Tugas Diakon antara lain adalah mewartakan Injil, meyakinkan orang menjadi umat Allah dengan melakukan pembaptisan serta memimpin berbagai upacara liturgi.
“Diakon adalah pelayan sabda, pelayan altar dan pelaku karya amal kasih. Nah, itulah pelayanan khusus dari seorang Diakon,” Ungkap Uskup Sanggau.

Selibat dihayati dan hidup rohani dijalani, semua itu akan membuat persatuan yang mesra dan mendalam dengan Kristus.
“Kalian harus dapat mengasihi Kristus lebih dari yang lain dan kasih itu harus nampak lebih dahulu dalam kehidupan anda dan akan muncul dengan sendirinya dalam pewartaan,”Harapan Uskup Sanggau.

Bupati Sanggau Paolus Hadi, S. IP, M. Si dalam acara tersebut mengucapkan Proficiat kepada ketiga Diakon yang sudah ditahbiskan oleh Uskup Sanggau, dan dirinya berharap agar ketiga Diakon tersebut setia dalam panggilannya sehingga nantinya dapat ditahbiskan menjadi imam (Pastor). Berikut kepada yang hadir agar saling mendoakan putra putrinya sehingga anak-anaknya suatu saat nanti ada yang terpanggil menjadi pelayan iman, dirinya selaku pihak pemerintah daerah mendukung sekali terhadap pertumbuhan iman di setiap agama yang ada di Kabupaten Sanggau sehingga terwujudnya keharmonisan antar umat beragama dan terjalinnya persaudaraan antara satu sama lainnya.

Minister Provinsial Kapusin Pontianak, Pastor Hermanus Mayong, OFMCap dalam kesempatan yang sama mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta mendoakan sehingga terlaksananya acara pentahbisan Diakon.
“tentu jika mereka Diakon yang baik pastilah mereka terus mendoakan orang tua mereka,” ungkap Pastor Mayong.

Pesan kepada ketiga Diakon, jika mengalami kesulitan dalam hidup dan pelayanan, maka ingatlah apa yang dikatakan orang bijak, bukan kesulitan yang membuat orang takut tetapi ketakutan yang membuat orang sulit, maka jangan pernah mencoba untuk menyerah tetapi jangan pernah menyerah untuk mencoba, jangan takut katakan kepada Tuhan kalau kita punya masalah dan katakan kepada masalah kalau kita punya Tuhan sumber segalanya, jelasnya.

Hadir pada acara pentahbisan Diakon, Vicjen Keuskupan Sanggau Pastor Riadi, Pastor Paroki Katedral Albert Yance, Para Pastor undangan, Para Suster, Frater, Bruder, Bupati Sanggau Paolus Hadi beserta istri, Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot beserta istri, beberapa kepala OPD, beberapa anggota DPRD, DPP Katedral, WKRI, beberapa Ketua Kring, OMK dan tamu undangan lainnya.

Penulis : Sukardi