Rekonsiliasi Sisa Dana Desa Tahun Anggaran 2015-2019 Kecamatan Parindu dan Kecamatan Bonti

Rekonsiliasi Sisa Dana Desa Tahun Anggaran 2015-2019 Kecamatan Parindu dan Kecamatan Bonti


DISPEMDES KAB. SANGGAU- Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah ( BPKAD) dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau kembali menggelar Rekonsiliasi Dana Desa untuk Kecamatan Parindu dan Kecamatan Bonti yang dilaksanakan pada hari Jumat, (11/9/2020) bertempat di Gedung serbaguna Kantor Camat Parindu.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M. Si, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Sanggau, Alian, S. ST, Perwakilan dari BPKAD Kabupaten Sanggau, Camat Parindu, Darmikus Heri, S.Sos  Drs. para Kades, Sekdes dan Bendahara Desa se-Kecamatan Parindu dan Bonti.

Plt. Kadis DPM Pemdes Kabupaten Sanggau, Alian menyampaikan kegiatan Rekonsiliasi ini bertujuan untuk melakukan singkronisasi.

Rekonsiliasi yang dilaksanakan pada hari ini adalah untuk melakukan penyesuaian atau penyelarasan terhadap Silpa Dana Desa yang diberikan oleh Pemerintah Pusat dari tahun 2015 hingga tahun 2019 ke kas desa.

“Hal ini kita lakukan karena kita tidak mau ada desa yang dianggap terhutang dalam pelaksanaan programnya, yang artinya ada dana desa yang tidak terserap pada tahun pelaksanaan APBDes Desa”,Ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot, menyampaikan Dengan adanya kegiatan rekonsiliasi ini diharapkan dapat menambah wawasan para pengelola sistem  keuangan dan tata kelola aset pemerintah desa.

“Dengan adanya kegiatan ini aparatur pemerintah desa lebih termotivasi, untuk bekerja di desa masing-masing, dalam rangka membangun Kabupaten Sanggau ini. Karena kalau kelemahan ada ditingkat desa maka juga ada kekurangan ditingkat kabupaten.

“Karena keberhasilan Pemerintah Kabupaten adalah keberhasilannya sampai ke desa, dengan demikian kita berharap kepemimpinan kepala desa ini mampu mengkoordinasikan organisasi itu menjadi organisasi produktif untuk membangun desanya,” tuturnya.