Bermartabat…! Sukses Tangani Covid-19, Pemkab Sanggau Diganjar Rp 15 Milyar


radarkalbar.com, SANGGAU – Pemkab Sanggau ketiban (dapat) Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp.15 miliar dari pemerintah Pusat melalui Kementerian Keuangan RI.

Hal itu merupakan reward (penghargaan) karena Pemkab Sanggau  dinilai sukses menangani penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

“Kita dapat lagi DID sebesar Rp 15 miliar dari Kementerian Keuangan. Kenapa kita diberi (DID) karena dinilai mampu mempertanahkan kondisi dimana Covid-19 ini bisa kita atasi. Dan sebelumnya kita juga dapat Rp15 miliar,” ungkap Bupati Sanggau Paolus Hadi, Rabu (9/9/2020).

Bantuan DID tersebut akan diprioritaskan untuk mendorong pemulihan ekonomi dan penanganan di bidang kesehatan serta pembangunan infrastruktur yang berkaitan dengan penunjang kegiatan ekonomi.

“Program diarahkan kesana. Ini dijadikan dana Biaya Tidak Tertuga (BTT). Dan itu bisa dikelola sampai akhir tahun ini,” terang pria yang akrab disapa PH ini.

Pada bidang kesehatan misalnya,  anggaran tersebut akan diperuntukkan untuk menindaklanjuti Perbup Nomor 47 tahun 2020 tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Sanggau.

“Untuk alat pelindung diri (APD), membeli masker, pemeriksaan swab, rapid test dan sebagainya. Kemudian kalau ada yang harus diisolasi, harus dirawat. Selanjutnya untuk kegiatan ekonomi seperti bantuan ke UMKM, kelompok tani dan kelompok sadar wisata serta untuk kegiatan lain,” jelasnya.

 

 

Baca juga

 

 

 

Pewarta : Abin.

Editor : Sery Tayan.