Sanggau Dapat Bantuan Perluasan Areal Tambah Tanam 2.600 hektar

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (Dishangpang Hortikan) Kabupaten Sanggau pada tahun ini mendapatkan program tambahan dari Pemerintah Pusat. Program tambahan di maksud adalah Perluasan Areal Tambah Tanam (PATB) seluas 2.600 hektar.

“2.600 hektar luasanya untuk Sanggau. Sumbermya dari APBN,” kata Plt. Kepala Dinas Hangpang Hortikan Sanggau, Kubin.

Kubin menjelaskan, melalui program PATB tersebut, petani akan mendapatkan bantuan paket lengkap, diantaranya pupuk, benih dan herbisida.

“Untuk lokasinya kita sudah punya, tersebar di 15 Kecamatan di Sanggau sesuai Calon Penerima Calon Lokasi (CPCL) yang ada,” ujarnya.

Untuk syarat mendapatkan program tersebut, kelompok tani silakan mengajukan ke Penyuluh Pertanian di wilayahnya masing – masing. Kemudian penyuluh melakukan seleksi di lapangan dan Dinas melakukan rekap.

“Intinya sesuai CPCL. Nanti penyuluh yang melakukan seleksi, kami hanya merekap. Dan saya tegaskan yang dapat program ini bukan individu tapi kelompok tani,” tegasnya.

Untuk kegiatan Hortikultura, tambah Kubin, ada Juknis yang menyatakan membolehkan lembaga atau yayasan, tokoh adat, dan tokoh masyarakat dimungkin untuk menerima bantuan.

“Tapi nanti kami akan pelajari lebih lanjut tentang aturan ini, kita juga menyesuaikan dengan program pusat apakah program ini ada. Tapi beberapa tahun lalu ada, pengembangan ternak kambing untuk anak – anak yayasan seperti pesantren ataupun pastoran dapat program itu, mungkin program itu diadopsi lagi,” terangnya berharap.