Wabup Yohanes Ontot Buka Pelatihan LP3 PKK Tingkat Kabupaten Sanggau

Wabup Yohanes Ontot Buka Pelatihan LP3 PKK Tingkat Kabupaten Sanggau



TRIBUNPONTIANAK.CO.ID, SANGGAU – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot membuka kegiatan pelatihan penyuluhan dan pengelolaan program PKK di Aula Lantai II Kantor Bupati Sanggau, Senin (31/8/2020).

Hadir juga Kabid Pendidikan dan Kebudayaan Tang, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejehteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sanggau, Arita Apolina, Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa Albert Sihotang Ketua GOW, Ketua DWP dan Camat se Kabupaten Sanggau.

Ketua PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina menyampaikan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memberdayakan keluarga dalam mencapai kesejahteraan keluarga kedepannya.

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut maka melalui pemberdayaan masyarakat dan pemerintah daerah.

Cara Daftar Bantuan UMKM Online untuk Dapat BLT 2,4 Juta dari Kementerian Koperasi dan UKM

“Sebagai mana kita ketahui bersama bahwa LP3 PKK Sanggau Tahun 2020 saat ini merupakan momen yang sangat penting dan strategis terutama dalam kesiapan PKK mendukung program kerja pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Seven Brand image Sanggau serta misinya, dengan tema yang selaras dengan tema hari kemerdekaan RI ke-75 Indonesia Maju,”katanya.

Maka melalui momen ini, Ia mengajak kita semua untuk betul-betul memikirkan dan serius dalam bekerja terutama PKK Kabupaten Sanggau kedepannya, serta upaya kebersamaan ini untuk terus selalu kita tingkatkan kepeduliannya terlepas dari peran serta khususnya di ruang lingkup PKK baik Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan dan Desa yang menjadi sasaran kegiatan program kemitraan pemerintah tersebut.

Dengan melihat kondisi yang ada saat ini, dimasa new normal PKK secara berjenjang secara langsung dilibatkan untuk berperan aktif dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 yang salah satu wujud kegiatannya melalui “Gebrak Setengah Miliyar Masker”, Serta masih banyak hal-hal yang perlu kita persiapkan dan lakukan.

SMA Negeri 1 Pontianak Gelar Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka

“Agar pelaksanaan kegiatan ini tepat sasarannya sesuai yang kita harapkan, oleh sebab itu saya mengajak kita semua mari kita sukseskan kegiatan ini demi terwujudnya Indonesia maju dan bermartabat,”ujarnya.

Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyambut baik sekaligus mendukung kegiatan pelatihan tersebut dengan harapan pelatihan ini dapat menjadi wadah menempa ilmu pengetahuan dan berbagai informasi terkait gerakan PKK yang terus menerus mengalami perubahan.

Pada kegiatan pelatihan LP3 PKK hari ini, Akan dibentuk penyuluhan-penyuluhan dan pengelola program PKK dengan harapan kedepan dapat tercipta penyuluhan dan pengelolaan yang berkualitas dan berintegritas.

“Jika kita tilik secara harapiah arti kata penyuluhan itu sendiri adalah sebagai penerangan, oleh karena itu tentu saja tugas seorang penyuluhan adalah memberikan bimbingan dan penerangan kepada masyarakat agar tentang apa yang belum di mengerti ataupun membimbing orang lain untuk tujuan yang diinginkan dengan cara ceramah, wawancara ataupun diskusi bersama,”katanya.

VIDEO: Yohanes Ontot Harap Tribun Pontianak Terus Jadi Media Balance Sampaikan Aspirasi

Ontot juga berharap agar para peserta pelatihan LP3 PKK dapat mengikuti seluruh rangkaian pelatihan yang diberikan oleh para narasumber dengan sungguh-sungguh agar kelak dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang telah didapat lewat pelatihan ini dengan baik kepada masyarakat terkhusus tentang 10 program pokok PKK.

“Jika berbicara mengenai posisi dan peranan gerakan PKK, sesungguhnya sudah dapat mengambarkan betapa strategisnya fungsi tim penggerak PKK beserta kader-kader PKK yang tersebar di seluruh pelosok kecamatan hingga ke desa,”tuturnya.

PKK, lanjutnya, sebagai mitra kerja pemerintah dapat berfungsi sebagai fasilitator, pelaksana, pengendali dan pengerak didalam mendukung terlaksananya 10 program yaitu, penghayatan dan pengamalan pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan dan tata laksana rumah tangga, pendidikan dan keterampilan, kesehatan, pengembangan hidup berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup, perencanaan sehat.