Obyek wisata Danau Laet Sanggau ramai pengunjung saat libur

Obyek wisata Danau Laet Sanggau ramai pengunjung saat libur


Pontianak (ANTARA) – Obyek wisata Danau Laet di Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat menjadi satu di antara destinasi pilihan yang diminati masyarakat saat akhir pekan atau hari libur yang mencapai 900 pengunjung per hari.

“Bersyukur saat akhir pekan atau libur nasional pengunjung selalu ramai dah bahkan membludak. Rata – rata saat momen tersebut pengunjung sekitar 900 orang per hari da  bahkan pernah lebih dari itu,” ujar Pengelola Obyek Wisata Danau Laet, Anselmus saat dihubungi di Sanggau, Minggu.

Ia menjelaskan bahwa ramainya pengunjung tidak terlepas dari semakin bertambahnya fasilitas di kawasan yang dikelola sejak 2017 lalu. Pada awal 2020 pengelola menambah fasilitas vila yang berada di pinggir danau yang mempesona.

“Terbaru saat awal tahun kita bangun vila dan ini menjadi ikon baru obyek wisata di sini,” jelas dia.

Ia menambahkan selain vila, titik foto yang kekinian menambah daya tarik kawasan yang secara administrasi masuk Desa Subah.

“Sejumlah titik foto atau spot foto yang menarik untuk kebutuhan konten di media sosial pengunjung tentu kita sediakan dan ini sangat diminati. Kita juga ada hutan perawan, menyusuri danau dan aktivitas lainnya,” kata dia.

Untuk asal pengunjung, selain dari Kabupaten Sanggau sendiri juga dari luar daerah itu seperti Ketapang, Sekadau, Kubu Raya, Pontianak, Mempawah dan lainnya.

“Bahkan dari beberapa daerah lainnya juga ada di sini. Kita terus berbenah untuk memaksimalkan potensi dan menjadikan ini terus menjadi ikon wisata Sanggau,” kata dia.

Danau Laet (ANTARA/Dokumentasi)

Dari ibu kota Provinsi Kalbar, Kota Pontianak hanya butuh sekitar dua jam saja menuju tempat tersebut karena akses menuju lokasi tersebut sudah cukup memadai.

Danau Laet tersebut memiliki luas sekitar 800 hektare. Dalam kawasan objek wisata tersebut terdapat 12 gugusan pulau dengan ukuran beragam.

Dengan banyak gugusan pulau-pulau yang tersebar di danau tersebut membuat daya tarik tersendiri dan sensasi saat menyusurinya.

Terdapat dua pulau yang saat ini ada penghuninya. Terdapat 39 kepala keluarga yang bermukim di sana dan dalam keseharian selain menjadi nelayan air tawar juga ada yang berkebun. Keindahan Danau Laet dengan pesona wisata air dan panorama alam kini terus tertata.

Penataan yang ada tidak terlepas campur tangan warga setempat yang saat ini sudah terorganisasi melalui Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Danau Laet.

Pada 14 Maret 2017 ditandai dengan peluncuran kawasan sebagai objek wisata alam oleh masyarakat setempat dan pemerintah daerah merupakan awal tonggak pengembangan kawasan wisata tersebut. Sebenarnya setahun sebelumnya, 24 Mei 2016 masyarakat adat juga sudah mengukuhkan secara adat terkait pengakuan dan pengesahan sebagai objek wisata alam Danau Laet.