Pemkab Sanggau raih dua penghargaan dari BKKBN

Pemkab Sanggau raih dua penghargaan dari BKKBN


Pontianak (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Sanggau, Kalbar meraih dua penghargaan, yaitu Mandala Karya Kencana dan pelayanan serentak sejuta Aseptor dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional Republik Indonesia (BKKBN RI).

Penghargaan diterima langsung oleh Bupati Samggau Paolus Hadi dan yang diserahkan oleh Kepala BKKBN Provinsi Kalimantan Barat, Tenny Calvenny Soriton di Kantor Bupati Sanggau, Senin.

“Penghargaan Manggala Karya Kencana yang diberikan kepada TP PKK Kabupaten Sanggau ini merupakan gambaran keseriusan Pemkab Sanggau pada setiap program ketahanan keluarga,” kata Bupati Sanggau Paolus Hadi.

Untuk itu, ia meminta dinas yang memiliki tupoksi penanganan permasalahan keluarga dapat betul-betul melakukan pengecekan. Tujuannya untuk mengetahui sejauh mana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui Keluarga Berencana (KB).

“Karena saya sepakat bahwa pelayanan KB bukan hanya bicara soal alat kontrasepsi. Saat ini bagaimana memikirkan cara mewujudkan SDM yang berkualitas melalui program-program KB,” katanya.

Paolus Hadi juga menjelaskan hingga saat ini Pemkab Sanggau, cukup peka dengan program kependudukan dan keluarga berencana ini. Dukungan juga banyak diberikan, baik di Kampung KB dan lain sebagainya. 

“Tentunya ke depan apa yang sudah didapat akan terus dikembangkan,” katanya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina mengatakan penghargaan Manggala Karya Kencana yang diraih TP PKK Sanggau menjadi penyemangat bagi pengurusan PKK untuk bisa bekerjasama dengan komitmen yang tinggi buat melanjutkan programnya.

“Kami melalui 10 program pokok PKK selalu melakukan penguatan dan koordinasi baik di tingkat tataran provinsi hingga daerah sehingga dapat mewujudkan keluarga yang berkualitas,” katanya.

Dijelaskanya, sejauh ini koordinasi TP PKK Sanggau dengan Pemkab Sanggau melalui Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak sudah berjalan baik. 

“Tentunya tindak lanjut dari program ini ke depan akan dikuatkan dengan fokus Bangga Kencana untuk meningkatkan manusia dan keluarga yang berkualitas,” katanya.