Rakor Penanganan Pasca Banjir di Desa Nekan, Bupati Sanggau Katakan Ini

Rakor Penanganan Pasca Banjir di Desa Nekan, Bupati Sanggau Katakan Ini


radarkalbar.com, SANGGAU- Pemkab Sanggau menggelar rapat koordinasi (rakor) terkait penanganan pasca bencana banjir bandang menerjang Dusun Gramajaya dan Dusun Nekan, Entikong, Sanggau pekan lalu itu.

Bupati Sanggau Paolus Hadi yang memimpin rakor itu mengungkapkan dampak akibat banjir itu masih dirasakan masyarakat di Desa Nekan, Kecamatan Entikong.

“Meskipun bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Sanggau hanya sebentar. Namun dampak yang dirasakan sangat besar dan masih dirasakan hingga saat ini,”ujarnya.

Oleh karenanya, Pemkab Sanggau akan turut andil dalam pemulihan dampak dari bencana alam yang terjadi Di Desa Nekan tersebut.

Kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menjadi korban bencana banjir tersebut. Melainkan juga turut timbul permasalahan sejumlah infrastruktur yang juga rusak seperti pagar SDN 08 Nekan, Kantor Desa Nekan dan putusnya jembatan penghubung akses utama Dusun Gramajaya menuju Dusun Punti Kayan yang harus segera diperbaiki.

“Kita minta kepada pihak wewenang untuk menanggapi dan berkerja secara serius dalam menangani permasalahan pasca banjir.
Sangat penting bagi seluruh pihak terkait, khususnya mereka yang memiliki tanggung jawab dan memiliki kewenangan dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sanggau” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot berharap agar proses bantuan yang diberikan kepada masyarakat terdampak banjir tersebut agar segera di laksanakan.

“Kita berharap proses bantuan kepada masyarakat harus cepat dilaksanakan karena masyarakat yang terdapak sudah mulai kesulitan dalam memperoleh air bersih serta bahan pangan untuk sehari – hari, kemudian untuk rumah yang rusak serta lahan pertanian yang terdampak untuk segera didata agar dapat diperbaiki,”pintanya.

Rakor ini dipimpin Bupati Sanggau, Paolus Hadi S.IP M.Si, diikuti dan Wakil Bupati Yohanes Ontot, Sekda Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM dan sejumlah dinas instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Bina Marga Dan Pengairan, Dinas Cipta Karya, Dinas Perkebunan Dan Perternakan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Pemerintah Desa , Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tim Reaksi Cepat BPBD.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pewarta : Jonathan.
Editor : Sery Tayan.