data:post.title

Pemkab Sanggau Lakukan Rakor, Untuk Pemulihan Desa Nekan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau


Sanggau,Detiksatu.com 

Pemerintah Kabupaten Sanggau mengadakan Rapat Koordinasi Penanganan Pasca Bencana Banjir Bandang yang terjadi di Dusun Gramajaya dan Dusun Nekan Desa Nekan Kecamatan Entikong pada bulan 8 Juli 2020 lalu.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruangan rapat Wakil Bupati Sanggau tersebut dipimpin secara langsung oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi S.IP M.Si. dan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot serta di dampingi oleh Sekda Sanggau, Ir. Kukuh Triyatmaka, MM dan sejumlah dinas instansi terkait, seperti Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Dinas Bina Marga Dan Pengairan, Dinas Cipta Karya, Dinas Perkebunan Dan Perternakan, Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan, Dinas Pemerintah Desa,Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, Dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil, Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Dan Tim Reaksi Cepat.

Dalam arahnya Bupati Sanggau,bahwa apa yang di rasakan oleh Masyarakat di Desa Nekan kecamatan Entikong tersebut hingga saat ini masih dirasakan  dampaknya bagi masyarakat setempat.

 

“Meskipun bencana banjir bandang yang melanda Kabupaten Sanggau hanya sebentar, namun dampak yang dirasakan sangat besar dan masih dirasakan hingga saat ini” Kata Bupati Sanggau yang akrab di Sapa PH ini. 

Oleh karenaya menurut Bupati Sanggau pihak Pemerintah Daerah juga turut andil dalam pemilihan Dampak dari Bencana Alam yang terjadi Di Desa Nekan tersebut.

Kondisi ini tidak hanya dirasakan oleh masyarakat yang menjadi korban bencana banjir tersebut, melainkan juga turut timbul permasalahan sejumlah infrastruktur yang juga rusak seperti pagar SDN 08 Nekan, Kantor Desa Nekan dan putusnya jembatan penghubung akses utama Dusun Gramajaya menuju Dusun Punti Kayan yang harus segera diperbaiki” Tambah PH.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau juga meminta kepada pihak wewenang untuk menanggapi dan berkerja secara serius dalam menangani permasalahan pasca banjir

“sangat penting bagi seluruh pihak terkait, khususnya mereka yang memiliki tanggung jawab dan memiliki kewenangan dalam penanganan bencana banjir di Kabupaten Sanggau, untuk dapat benar-benar melaksanakan tanggung jawab sesuai dengan kewenangan mereka untuk menangani permasalahan pasca banjir serta meminimalisir terjadinya bencana banjir di masa yang akan dating,”Ujar Bupati Sanggau

Disamping itu Wakil Bupati Sanggau Drs  Yohanes Ontot berharap agar proses bantuan yang di berikan kepada masyarakat terdampak banjir tersebut agar segera di laksanakan.

“Kita Berharap proses bantuan kepada masyarakat harus cepat dilaksanakan karena masyarakat yang terdapak sudah mulai kesulitan dalam memperoleh air bersih serta bahan pangan untuk sehari – hari, kemudian untuk rumah yang rusak serta lahan pertanian yang terdampak untuk segera didata agar dapat diperbaiki,”tegasnya. (JKN)