Cegah Rabies, Disbunnak Sanggau Lakukan Vaksinasi Hewan Piaraan dan Ternak

//DISKOMINFO-SGU//

SANGGAU – Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunak) Kabupaten Sanggau telah melakukan vaksinasi terhadap ribuan hewan piaraan dan ternak di Kabupaten Sanggau.

Kepala Disbunak, Syafriansyah mengatakan kegiatan vaksin ini dilakukan selama satu bulan dan berakhir sampai akhir Juli nanti.

“Posisi sampai minggu (5/7/2020). Dari data yang sudah dilaporkan ke Sistem Informasi Kesehatan Hewan Nasional (iSIKHNAS), hewan yang sudah divaksin, diantaranya anjing sebanyak 4.934, kucing 1.489, Monyet 35 dan Musang 6, total yang sudah divaksin sebanyak 6.464,” kata Syafriansyah, minggu (5/7/2020).

Dikatakannya untuk target sesuai data yang ada lebih kurang 30 ribu hewan penular rabies/HPR, dengan jumlah petugas vaksinator terlatih sebanyak 150 orang dan tersebar di 15 Kecamatan yang ada.

“Harapan kita masyarakat berperan aktif dengan sukarela membawa hewan peliharaannya untuk di vaksin. Karena peran serta masyarakat sangat menentukan keberhasilan kegiatan Sanggau Bebas Rabies tahun 2024 (SABER 24),” ujar Kadis Bunnak Sanggau.

Syafriansyah menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mewaspadai lalu lintas hewan dari luar daerah.

“Pastikan hewan yang masuk ke daerah kita adalah hewan yang sehat dan tidak menularkan penyakit,” tutupnya.