Menara Berfungsi Dengan Baik, Komunikasi Lancar

Sanggau – Guna memastikan keberadaan beberapa menara di wilayah Kecamatan Toba, kemudian apakah menara tersebut dapat berfungsi dengan baik atau tidak, untuk itu tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau pada Selasa (16/6/2020) telah melakukan monitoring dan pengawasan (pengecekan).

Selanjutnya, dari beberapa menara milik PT. Telkomsel yang sudah dilakukan pengecekan dan semuanya dapat berfungsi dengan baik atau optimal, terlebih pihak perusahaan tersebut sudah melunasi retribusi menara telekomunikasi setiap tahunnya kepada pihak Pemerintah Daerah.

Diera modern ini baik sarana telekomunikasi maupun alat komunikasi merupakan sesuatu yang sangat penting ditengah masyarakat, dengan berbagai perkembangan teknologi dan informasi saat ini, jika hal tersebut tidak berjalan baik, susah sinyal contohnya ataupun tidak ada sinyal (blank spot) maka kita tidak dapat berkomunikasi dengan orang lain atau tidak bisa bertukar informasi satu sama lainnya.

Terkait dengan monitoring dan pengawasan menara tersebut merupakan jasa pelayanan dari pemerintah Kabupaten Sanggau terhadap perusahaan telekomunikasi yang telah memenuhi kewajiban membayar retribusi menara telekomunikasi.

Dalam kesempatan yang sama, tim dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sanggau yakni Misman, Herman dan Hendri menyempatkan diri mampir di kantor camat Kecamatan Toba dan tim disambut baik oleh Camat Toba Adi Susanto serta Sekcamnya Kanisius Bheni.

Dalam perbincangan tersebut Camat Toba mengatakan terkait sinyal jaringan komunikasi di Kecamatan Toba hanya jaringan Telkomsel saja yang aktif, semua tower atau menara yang ada di wilayah kerjanya berfungsi optimal namun terkadang sinyal di wilayah tertentu sangat bagus dan ada juga pada titik wilayah tertentu hilang datang sinyalnya, selanjutnya masih banyak dusun yang blankspot, harapan kedepan agar pihak perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi dapat mendirikan tower sehingga masyarakat dapat berkomunikasi.

Disamping itu juga Camat Toba meminta agar dimasukan akses sebagai penunjang tugas, yakni memerlukan akses internet yang memadai di masa pandemi, harapan kedepannya pada saat video conference (vicon) tidak mengalami gendala lagi, dengan kata lain bisa berjalan lancar.

Penulis : Sukardi