Baznas sumbang keramba dan listrik tenaga surya ke Dusun Sebongkup


Sanggau (ANTARA) – Baznas Provinsi Kalbar dan Baznas Kabupaten Sanggau menyalurkan Program Bantuan Pemberdayaan pada masyarakat Dusun Sebongkup, Desa Biang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau berupa keramba apung dan terpal serta seperangkat peralatan listrik tenaga surya untuk Masjid Hayya Alal Falah.

 “Ini merupakan program pemberdayaan untuk daerah yang di nilai layak,” ucap Indra, Wakil Ketua Baznas Sanggau Bidang Pengumpulan dan Pendistribusian.

 Dana sharing Baznas Provinsi dan Baznas Kabupaten Sanggau ini dimaksudkan sebagai program yang bertujuan meningkatkan aktifitas kelompok-kelompok swadaya masyarakat, ucap Indra.

“Keramba ikan ini diharapkan bisa dikembangkan dan dikelola secara baik oleh kelompok agar mampu menopang pendapatan kelompok,” kata dia.

 Jenis ikan yang dibudidayakan terdiri dari ikan bawal, nila dan lele diharapkan bisa terus berkembang. Sementara itu, bantuan alat listrik tenaga surya diperuntukkan bagi masjid karena sebagaimana diketahui Dusun Sebongkup belum tersentuh oleh PLN.

 “Dengan bantuan listrik tenaga surya ini, pengeluaran untuk membeli bensin genset yang mencapai Rp500rb sd Rp600rb perbulan bisa dialihkan untuk keperluan lain,” lanjut Indra.

Kepala Dusun Sebongkup Viktor sangat berterima kasih pada Baznas Provinsi Kalbar dan Baznas Kabupaten Sanggau. Ia mengatakan bantuan ini sangat bermanfaat untuk masyarakat dan ke depan ia berharap program ini bisa berkembang.

Dalam kesempatan ini hadir menyaksikan penyerahan Bantuan Ketua Baznas Kab Sanggau H Sjamsul Chaidir, Kasi Pemdesa Biang, Tokoh masyarakat, Kadus Sebongkup dan perangkat desa lainnya.