Categories: Radar Kalbar

Tangani COVID-19, Pemkab Sanggau Potong APBD 2020 Hingga 35 Persen


radarkalbar.com, SANGGAU- Pandemi COVID-19 hingga kini tak kunjung mereda. Walaupun di Kabupaten Sanggau hingga sekarang baru dua orang yang positif terpapar.

Namun, cukup menguras energi berbagai kalangan untuk melaksanakan berbagai langkah dan upaya pencegahan dan penanganan jangan sampai sebaran COVID-19 semakin merebak.

Mau tak mau Pemkab Sanggau pun merogoh kantong APBD tahun 2020 ini dalam-dalam, seperti yang diungkapkan
Sekretaris Daerah Ir Kukuh Triyatmaka MM yang mengatakan Pemkab Sanggau dipastikan akan melakukan pemotongan hingga 35 persen APBD Murni.

Pemotongan dana itu, guna untuk cadangan penanganan COVID-19 yang saat ini masih merebak.

“Pemotongan lagi hingga 35 persen. Nah, mau tak mau pemotongan ini pada dinas/badan yang memiliki belanja modal dan jasa,” ungkapnya, Kamis (14/5/2020).

Menurut Kukuh, pemotongan tersebut dilakukan sebagai wujud komitmen Pemkab Sanggau terhadap instruksi pemerintah pusat yang meminta agar anggaran di APBD murni minimal 35 persen.

“Pemkab Sanggau belum sampailah 35 persen, masih kurang sedikit. Mudah – mudahan secepatnya udah mencukupi,” terangnya.

Ditambahkan Kukuh, hingga saat ini dana untuk anggaran refocusing masih pada angka yang lama yakni Rp 31,2 milyar.

“Jadi kalau nanti 35 persen itu masuk lagi dipastikan dana cadangan penanganan COVID-19 bisa bertambah menjadi Rp 80 milyar lebih,” jelasnya.

Adapun dana cadangan Rp 80 milyar lebih tersebut, terpaksa diambil dari dana kegiatan fisik, seperti misalnya di Dinas Bina Marga dan SDA, Dinas Perumahan Cipta Karya Tata Ruang dan Pertanahan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sanggau dan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan Sanggau.

“Pada empat SKPD ini nanti yang bakal banyak diambil anggarannya. Untuk sekarang lelang yang sedang berproses itukan DAK kesehatan yang tidak terkena drop. Kemudian DAK RSUD, DAK Bina Marga dan Cipya Karya yang bersumber dari Dana Insentif Daerah (DID). Untuk DAU masih saya tahan karena masih ada refocusing,”tuturnya.

Pewarta : Sery Tayan.
Editor     : Sery Tayan.


Bagikan

Berita Terbaru

  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Ardhia Rinjani (Tiara) Lombok Tengah, Bambang Supratomo. Akun tersebut mengirimi pesan menawarkan untuk mengikuti program acara bonus-bonusan kendaraan mobil…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] CNN: Mahkamah Konstitusi Tolak Gugatan Soal Pernikahan Beda Dimensi – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar sebuah unggahan video di sosial media TikTok yang menunjukkan tangkapan layar berita CNN Indonesia yang memberitakan bahwa Mahkamah Konstitusi (MK) tolak gugatan soal pernikahan beda dimensi. Terlihat dalam tangkapan layar tersebut Anwar…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] NASA Berencana Semprotkan Partikel Es ke Atmosfer untuk Kurangi Dampak Perubahan Iklim – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar unggahan di media sosial Facebook yang mengeklaim bahwa The National Aeronautics and Space Administration (NASA) atau yang dikenal sebagai Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat akan menyemprotkan 2 ton partikel es di…

6 jam lalu
  • Laporan Hoax

[HOAKS] Akun WhatsApp Mengatasnamakan Kadispora Provinsi Kalimantan Tengah – 26/03/2024

Penjelasan : Beredar akun WhatsApp yang mengatasnamakan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Kalimantan Selatan, Hamka M. Anon. Akun tersebut meminta untuk dikirimkan sejumlah uang ke nomor rekening tertentu. Faktanya, pesan dari akun tersebut…

6 jam lalu